AIPT UBB, Tiga Asesor BAN PT Lakukan Asesmen Lapangan

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 18 Maret 2019 13:28 WIB | Diupdate pada 18 Maret 2019 13:28 WIB


ASESMEN LAPANGAN--- Klarifikasi dan diskusi borang tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan asesmen lapangan terhadap perguruan tinggi Universitas Bangka Belitung (UBB) dalam rangka pelaksanaan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) UBB Tahun 2019.

MERAWANG, UBB -- Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan visitasi ke Uiversitas Bangka Belitung (UBB) dalam rangka pelaksanaan asesmen lapangan.

Kehadiran tim merupakan tindak lanjut pengajuan borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) kampus yang telah diajukan beberapa waktu lalu.

Tiga orang asesor yang didelegasikan BAN-PT ke UBB tersebut yakni Prof Subhilhar Ph D (USU), Prof Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo Ph D (UGM), dan Dr Indrianawati Usman SE MSc  (UNAIR).

Prof Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo Ph D  dalam sambutannya mengatakan, pihaknya selama dua hari bertugas melakukan asesmen lapangan yang antara lain meneliti dari borang yang diajukan pihak UBB. Asesor akan melakukan evaluasi dan verifikasi data, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.

“Kami bekerja untuk mencocokkan apakah hal-hal yang tertuang dalam borang sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Hasil laporan akan menjadi pertimbangan bagi BAN-PT,” ujarnya saat memulai pertemuan dengan pimpinan UBB untuk klarifikasi dan diskusi borang di Ruang Rapat Besar Gedung Rektorat UBB, Jumat (15/03/2019) Pagi.

Suryo mengatakan, Akreditasi merupakan amanat undang undang ,BAN-PT menjalankan tugas sesuai dengan undang-undang dilakukan dengan sebaik-baiknya, Perguruan Tinggi akan memberikan pelayanan kepada publik dan tidak boleh merugikan publik, dan bagaimana Perguruan Tinggi ini menjadi lebih baik.’ Lanjutnya.

“Selamat datang tim asesor yang berkenan hadir ke kampus UBB, kami UBB telah menyiapkan Apa yang telah kami siapkan sesuai borang yang kami berikan dengan apa adanya sesuai kondisi yang benar tanpa diada adakan” sambut Rektor UBB Dr Muh Yusuf M Si dalam acara pembukaan pertemuan tim asesor dengan pimpinan, sivitas akademika, dan tenaga kependidikan.

Rektor mengharapkan berbagai masukan terkait UBB. Masukan ini bisa saja merupakan hal yang luput dilakukan dalam penguatan tata kelola UBB selama ini. “Untuk itu, kami sangat berharap kepada Prof  Suryo Hapsoro Tri Utomo dan teman-teman (asesor), jangan ragu untuk menyampaikan hal yang bisa mendorong perbaikan ke depan,” jelasnya.

kegiatan asesmen lapangan telah dimulai pada hari Kamis (14/03/2019) dengan peninjauan perpustakaan, fasilitas pelayanan mahasiswa dan proses pembelajaran, serta prasarana dan sarana kelima fakultas UBB.

Asesmen lapangan AIPT dilanjutkan Jumat (15/03/2019) dengan wawancara para pimpinan unit untuk memperoleh data dan informasi pada berbagai tingkatan institusi dalam rangka verifikasi dan validasi. wawancara selanjutnya dilakukan bagi dosen yang menjabat struktural dan nonstruktural, tenaga kependidikan yang menjabat struktural dan nonstruktural, Mahasiswa, alumni, dan pengguna, serta mitra kerja.

kegiatan dilanjutkan dengan dengan penyerahan draf berita acara asesmen lapangan, penandatanganan berita acara asesmen lapangan, diakhiri dengan finalisasi laporan akhir asesor dan Foto Bersama asesor. (Ari Rizki/Humas).


Topik

Assessment
. ayar