Dua Pakar Peneliti LIPI Isi Kuliah Umum di Jurusan Biologi UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 20 Maret 2019 23:03 WIB | Diupdate pada 21 Maret 2019 09:39 WIB


KULIAH UMUM - Narasumber menyampaikan materi dan kegiatan foto bersama saat sesi penutup kuliah umum di gedung semangat Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi, UBB.

MERAWANG, UBB - Jurusan Biologi, Universitas Bangka Belitung kembali menyelenggarakan kuliah umum mengenai hasil penelitian tentang Anggrek (Orchidaceae) dan Palem (Arecaceae). Kuliah umum tersebut menghadirkan dua narasumber ahli dari Puslit Botani-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dua narasumber tersebut, yakni Dra. Diah Sulistiarini, M.S. dan Dr. Himmah Rustiami, M.Sc. Kegiatan yang terbuka bagi seluruh sivitas akademika UBB itu diselenggarakan pada Selasa (19/03) di Ruang Seminar Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi UBB. Kuliah umum ini dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi I pada pukul 10.00-11.30 WIB dan dilanjutkan sesi II pada pukul 13.30-15.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut, Dra. Diah Sulistiarini, M.S mengenalkan berbagai informasi yang terkait dengan penelitian anggrek (Orchidaceae). Dalam kesempatan ini juga disampaikan mulai dari ciri-ciri botani anggrek; jenis angrek berdasarkan tipe pertumbuhan (simpodial dan monopodial); anggrek berdasarkan tempat tumbuh (epifit, teresterial, sporofit, dan litofit), serta menjelaskan bagian-bagian bunga angrek yang menjadi salah satu kunci penting dalam menentukan jenis anggrek.

“Vanili (vanilla planifolia) juga merupakan bagian dari suku anggrek-anggrekan (Orchidaceae), mungkin sebagian adik-adik mahasiswa ini belum mengetahui vanili itu termasuk kelompok Orchidaceae” ujar Diah.

Berbeda dengan Dr. Himmah Rustiami, M.Sc. yang menceritakan seluk beluk mengenai Palem (Arecaceae). Sebagai salah satu pakar taksonomi  palem (Arecacea) di Indonesia, Dr. Himmah juga banyak membagikan ilmu saat dilapangan mulai dari mengkoleksi sampai mengidentifikasi jenis. “Tumbuhan ini banyak dikenal dan mempunyai banyak jenis di Indonesia meskipun terkadang tidak sedikit yang bingung untuk membedakannya, sehingga menyebutnya sebagai palem saja atau justru keliru dalam menyebutkan nama jenisnya” ujar Dr. Himmah.

Selain itu, Dr. Himmah juga menyampaikan beberapa artikel ilmiah/jurnal yang dikelola oleh LIPI seperti Berita Biologi, Floribunda, Zoo Indonesia, Reinwardtia, dan beberapa jurnal lainnya. Nanti siapa tahu adek-adek mahasiswa atau dosen Biologi UBB berminat untuk mempublikasikan tulisannya pada salah satu jurnal tersebut, ujar Dr. Himmah.

Sementara itu, beberapa dosen tetap Jurusan Biologi juga ikut turut hadir pada acara tersebut. Salah satu dosennya juga menyampaikan, bahwa kuliah umum ini sebagai salah satu bentuk dari kerja sama yang dijalin Biologi UBB dan LIPI dalam bidang penelitian. Menurutnya, beberapa dosen dan mahasiswa Jurusan Biologi bahkan melakukan riset di LIPI baik dalam bentuk praktek lapang maupun skripsi. Harapannya, dari kerja sama yang dijalin dengan LIPI dapat meningkatkan kultur riset di Biologi UBB. Selain itu, dari kerja sama yang dibangun diharapkan mampu meningkatkan publikasi dan kerja sama antara Biologi UBB dan LIPI. (HumasBio).


Topik

Biologi_UBB FPPB_UBB
. ayar