Sebanyak 411 Peserta SNMPTN Dinyatakan Lolos Ke UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 22 Maret 2019 20:57 WIB | Diupdate pada 22 Maret 2019 20:57 WIB


Ilustrasi; Calon Mahasiswa UBB saat registrasi ulang jalur SNMPTN Tahun 2018.

MERAWANG, UBB – Bagi anda calon mahasiswa baru yang telah mendaftarkan diri ke Universitas Bangka Belitung (UBB), lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), telah diumumkan pada hari ini, Jumat (22/3/2019) pukul 13.00 Wib.

Para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang memilih Universitas Bangka Belitung dapat mengecek kelulusannya di laman pengumuman.snmptn.ac.id atau laman www.ubb.ac.id, dan sebanyak 411 peserta SNMPTN Tahun 2019 berhasil lolos masuk ke UBB.

Pada tahun sebelumnya, Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) masih menjadi Prodi yang memiliki keketatan tertinggi dan favorit siswa untuk mendaftar di UBB. Bagi siswa yang telah dinyatakan lolos SNMPTN, agar membaca dan mengikuti proses ketentuan yang sudah ditetapkan di setiap PTN.

Perlu ditekankan kembali, bagi siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN Tahun 2019 dan tidak mendaftarkan diri ke PTN yang menjadi pilihan, dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa dan tidak dapat mendaftar ke jalur SBMPTN Tahun 2019.

Dari 411 yang dinyatakan lolos ke UBB, sebanyak 330 atau 80% siswanya berasal dari Bangka Belitung (Babel), dan terdapat 81 siswa dari 12 Provinsi yang berasal dari luar Babel untuk memilih UBB.

Ini membuktikan putra putri daerah sudah lebih cerdas menentukan pilihannya untuk membangun dan membesarkan PTN yang ada di daerah, serta UBB sudah lebih dikenal diprovinsi lain. Mengingat keberadaan UBB di daerah kepulauan dengan trasportasi udara maupun laut, serta biaya hidup di Babel tidak sedikit, namun tidak menjadi halangan siswa dari provinsi lain untuk melirik ke UBB.

Jumlah yang lolos SNMPTN ke UBB berdasarkan Prodi diantaranya, Agribisnis sebanyak 21 orang, Agroteknologi 23, Akuntansi 28, Biologi 17, Budi Daya Perairan (BDP) 14, Ekonomi 27, Fisika 13, Ilmu Hukum 36, Ilmu Kelautan 12, Ilmu Politik 20, Kimia 14, Manajemen 40, Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) 21, Sastra Inggris 20, Sosiologi 20, Teknik Elektro 32, Teknik Mesin 11, Teknik Pertambangan 12, Teknik Sipil 21, serta prodi yang baru dan menerima angkatan pertama yakni Matematika sebanyak 9 orang.

Bagi calon mahasiswa jalur SNMPTN yang diterima UBB, untuk dapat melakukan tahap verifikasi online di laman http://ubb.eakademik.id/ubb/pmb.zul  mulai tanggal 1 April s.d. 30 April 2019.

Dalam tahapan tersebut, calon mahasiswa wajib mengunggah dokumen (dalam bentuk .jpg/pdf, ukuran maksimal 500kb) dan mengisi biodata lainnya sesuai dengan ketentuan yang ada di web.ubb.ac.id yang diunggah di laman pmb.ubb.ac.id.

Calon mahasiswa yang tidak menyelesaikan pengisian Biodata dan mengunggah dokumen yang telah ditentukan secara lengkap sampai batas waktu yang ditentukan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa Universitas Bangka Belitung.

Bagi yang telah menyelesaikan verifikasi online wajib mencetak bukti Verifikasi online untuk diserahkan pada saat registrasi. Pengumuman calon mahasiswa yang lolos verifikasi dan informasi mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar setiap semester dapat dilihat di laman: pmb.ubb.ac.id pada tanggal 10 Mei 2019 mulai pukul 15.00 WIB.

Pembayaran UKT dapat dilakukan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada tanggal 10 – 16 Mei 2019 dengan nomor rekening 0063-01-001712-30-5 a.n. BPN 015 Universitas Bangka Belitung.

Calon mahasiswa dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UBB jika tidak melakukan pembayaran pada tanggal tersebut (kecuali calon penerima bidikmisi belum perlu membayar UKT sampai dengan di terbitkannya Surat Keputusan Rektor tentang penetapan penerima bidikmisi Tahun 2019).

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos verifikasi wajib hadir untuk melakukan Registrasi ulang di Gedung Rektorat Kampus Terpadu UBB pada tanggal 15 – 16 Mei 2019, pukul 08.00 – 14:30 Wib, dengan membawa dokumen-dokumen yang telah ditetapkan.

 

Apabila calon mahasiswa tidak melaksanakan registrasi/daftar ulang pada tanggal tersebut, maka dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UBB tahun Akademik 2019/2020.

Khusus calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, akan dilakukan visitasi lapangan dan atau wawancara melalui telepon. Pengumuman calon mahasiswa yang berhak memperoleh bidikmisi dapat dilihat di laman www.ubb.ac.id.

Bagi siswa yang belum diterima di UBB melalui jalur SNMPTN jangan berkecil hati, karna masih ada kesempatan untuk mengikuti jalur SBMPTN, dan dihimbau agar sesegera mungkin mendaftarkan diri secara online dengan mengikuti proses yang telah ditetapkan, karna Pendaftaran UTBK gelombang I akan berakhir pada tanggal 24 Maret 2019. (Ags/Humas)


Topik

SNMPTN_2019
. ayar