Persiapan UBB Jelang UTBK SBMPTN 2019

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 08 April 2019 15:03 WIB | Diupdate pada 08 April 2019 15:03 WIB


Uji Sistem UTBK, Panitia PMB UBB cek kelengkapan dan kesiapan perangkat konputer dan server UTBK

MERAWANG, UBB - Universitas Bangka Belitung (UBB) siap memfasilitasi penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang akan dilaksanakan 13 April 2019 mendatang.

Mengingat Provinsi Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari dua pulau terpisah (Bangka dan Belitung), UBB telah menyiapkan tempat pelaksanaan test center UTBK di dua tempat, yakni Kampus Terpadu UBB dan SMAN 1 Tanjungpandan Belitung. Hal ini bertujuan untuk mengakomudir siswa SLTA yang berada didaerah Belitung tidak perlu jauh-jauh datang untuk mengikuti tes UTBK.

Hingga saat ini, panitia Penerima Mahasiswa Baru (PMB) UBB mencatat total sebanyak 4.347 peserta yang akan mengikuti tes UTBK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari 2 gelombang, dan pelaksanaan tes UTBK hanya dilakukan pada hari sabtu dan minggu yang terdiri dari 20 sesi (total 10 minggu).

Sebanyak 2.525 peserta pendaftar gelombang pertama yang akan melaksanakan tes UTBK pada tanggal 13 April – 14 Mei 2019 mendatang, yang terbagi dari 2.046 peserta mengikuti tes di lokasi Kampus Terpadu UBB, dan 479 peserta melaksanakan tes di SMAN 1 Tanjungpandan Belitung.   

Pendaftar di gelombang ke dua sebanyak 1.822 peserta yang akan mengikuti tes UTBK, diantaranya 1.503 peserta mengikuti tes di lokasi Kampus Terpadu UBB, dan 319 peserta mengikuti tes di SMAN 1 Tanjungpandan Belitung yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.

Berbagai persiapan telak dilakukan UBB terkait SDM yang terlibat, seperti admin server, teknisi lokal,  dan pengawas, serta fasilitas pendukung lain yang akan digunakan untuk kelancaran pelaksanaan tes UTBK nanti. Total komputer disediakan UBB sebanyak 300 unit komputer.

Dihimbau juga bagi para peserta UTBK dapat melakukan pengecekan waktu pelaksanaan ujian, seta lokasi tes sebelum H-1. Selain itu, peserta harus teliti terhadap berbagai petunjuk yang tertera di kartu ujian, misalnya barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa saat ujian.

Perlengkapan yang wajib dibawa peserta saat mengikuti UTBK diantaranya, Kartu Tanda Peserta yang telah dicetak, Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau Surat Keterangan duduk di kelas 12 asli yang ditandatangi Kepala Sekolah dan ber stampel asli, serta berisi nama siswa, NISN, NPSN, dan pasfoto terbaru (tiga bulan terakhir).

Bagi peserta yang datang terlambat setelah ujian tesnya dimulai yakni setelah pukul 08.00 pada sesi pagi dan pukul 13.00 pada sesi siang, maka panitia/pengawas ujian UTBK sesuai ketentuan tidak dapat mengizinkan peserta masuk keruangan tes untuk mengikuti UTBK, dan apabila peserta diketahui melakukan kecurangan maka akan di diskualifikasi.

Tahun ini, UBB menerima mahasiswa baru S1 reguler melalui tiga jalur penerimaan, yakni jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur SMMPTN Wilayah Barat dengan kuota/daya tampung total sebanyak 2.205 mahasiswa. (Ags/Humas)


Topik

SBMPTN_2019 UTBK
. ayar