Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019 Gelombang Pertama di UBB Berjalan Lancar

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 13 April 2019 14:06 WIB | Diupdate pada 13 April 2019 15:39 WIB


Test Center UTBK UBB – Hari pertama sesi pagi, Pengawas ruangan UTBK UBB melakukan pengecekan fisik dengan alat metal detector kepada para peserta UTBK gelombang 1, bertempat di Laboraturium Bahasa Gedung Timah I, Kampus Terpadu UBB, Sabtu (13/4) pagi.

MERAWANG, UBB – Sabtu (13/4), Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) gelombang pertama untuk SBMPTN Tahun 2019, Hari ini dilakukan secara serentak yang terbagi dalam dua sesi, yakni pagi pukul 7.30, dan siang pukul 12.30 waktu setempat.

Pelaksanaan tes UTBK yang terdiri dari dua gelombang, akan dilaksanakan secara berkala pada hari Sabtu dan Minggu yang terdiri dari 20 sesi (10 minggu). Adapun gelombang pertama dimulai terhitung tanggal 13 April - 4 Mei 2019, dan untuk gelombang kedua dilaksanakan mulai tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.

Universitas Bangka Belitung (UBB) sendiri telah menyiapkan tempat pelaksanaan UTBK di dua tempat, yakni Test Center Kampus Terpadu UBB terdapat 6 (enam) titik lokasi UTBK, antara lain di Laboraturium Bahasa Gedung Timah I, Lab. Komp. Manajemen Gedung Babel III, Lab. Komp. UPT TIK Gedung Babel IV, Lab. Komp. UPT TIK Gedung A (Dharma Pendidikan), dan  Lab. Komp. UPT TIK Gedung B (Dharma Penelitian).

Sedangkan untuk Test Center di lokasi SMAN 1 Tanjungpandan Belitung menyediakan 2 (dua) titik lokasi UTBK, yakni ruang Lab. Komputer 1, dan ruang Lab. Komputer 2.

Menurut Ketua Pelaksana UTBK UBB Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., yang juga selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB, menjelaskan sejauh ini persiapan dan pelaksanaan UTBK di lokasi Kampus Terpadu UBB maupun di SMAN 1 Tanjungpandan Belitung berjalan cukup baik walaupun ada sedikit kendala dari peserta itu sendiri terkait kesalahan ruangan serta belum cetak kartu, dan permaslahan tersebut bisa diakomudir dengan baik oleh panitia UTBK UBB.

“Mungkin ada sedikit kendala dari peserta terkait kesalahan ruangan dan ini biasa terjadi, hal pertama seharusnya mereka dari hari kemaren itu sudah datang dulu kelokasi, sehingga tidak timbul permasalahan terjadi dipagi tadi, kemudian ditambah lagi ada peserta yang belum cetak kartu, tapi semua itu kita akomudir sesuai dengan yang diharapkan,” jelas Nizwan.

Khusus untuk hari ini, peserta yang akan mengikuti tes UTBK sesi 1 dan 2 di UBB terdata sebanyak 599 peserta, yakni sesi pagi sebanyak 299 peserta dan sesi siang diikuti 300 peserta. Data sementara yang diterima Humas UTBK UBB untuk sesi 1 total peserta 300 yang hadir sebanyak 276 (92%), dan peserta yang tidak hadir sebanyak 24 (8%).

Lebih lanjut Ketua Pelaksana UTBK UBB menegaskan, peserta harus hadir lebih awal sesuai jadwal yang dipilih dan tepat waktu, dan apabila ada peserta tes yang terlambat atau melakukan kecurangan, maka Panitia/Pengawas UTBK tidak akan memberi izin masuk ruangan dan diskualifikasi sesuai dengan prosedur operasional baku (POB) yang ditetapkan LTMPT 2019.

“Sebaiknya peserta datang lebih awal, agar persiapannya lebih mantap sehingga tidak terburu-buru, dan juga peserta tidak usah banyak membawa apa-apa, karna semua itukan sudah disiapkan Panitia dari kertas buram, kemudian juga bolpoin atau pena,” ujar Nizwan.

Meminimalisir terjadinya kecurangan, para peserta sebelum masuk ruangan ujian terlebih dahulu dilakukan pengecekan fisik dengan alat metal detector oleh pengawas ruangan UTBK UBB sesuai jenis kelaminnya, serta pengecekan data setiap peserta UTBK.

Untuk menjaga ketenang para peserta selama mengikuti tes UTBK, orang tua/kerabat yang mengantar peserta tidak diizinkan berada disekitar ruangan lokasi tes berlangsung, atau aktifitas lain baik dari Panitia UTBK yang dapat mengganggu konsentrasi dan kelancaran pelaksanaan ujian. (Ags/Humas)


Topik

UTBK
. ayar