Adu Argumentasi, Peserta NUDC Dan KDMI Rebut Posisi Teratas

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 23 April 2019 09:01 WIB | Diupdate pada 23 April 2019 13:40 WIB


Debat – Adu Argumentasi dihadapan juri, Seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) Tahun 2019, di Kampus Terpadu Balunijuk UBB, Kamis (18/04/2019) pagi.

MERAWANG (UBB) – Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat Universitas Bangka Belitung tahun 2019 dengan sukses telah dilaksanakan. Tiga kelompok berhasil merebut posisi teratas. selanjutnya untuk mengikuti KDMI tingkat regional, akan dibentuk tim baru yang diambil dari tiap kelompok yang menjadi juara tingkat universitas.

Kegiatan National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2019 tingkat Universitas Bangka Belitung (UBB) diikuti puluhan mahasiswa di Ruang Akustik dan Ruang Laboratorium Bahasa Gedung Timah 1 Terpadu UBB Balunijuk, Senin (18/04/2019) pagi.

Berikut daftar juara KDMI tingkat UBB tahun 2019, yaitu:

NUDC adalah ajang tahunan yang rutin diselenggarakan, merupakan agenda dari Dirjen pembelajaran dan kemahasiswaan Ristekdikti. Kompetisi ini berjenjang, dimulai dari tingkat universitas berlanjut ke tingkat kopertis. Pemenang tingkat kopertis akan kembali berkompetisi ditingkat nasional kemudian pemenang nasional akan di ikut sertakan di ajang debat mahasiswa tingkat internasional.

Berbeda dari tahun 2018 yang tidak ada kompetisi tingkat regional, peserta yang lolos seleksi KDMI 2019 akan melanjutkan kompetisi tingkat regional sebagaimana kompetisi NUDC. Pemenang KDMI tingkat universitas atau perguruan tinggi tidak langsung menjadi wakil dari masing-masing universitas untuk bersaing ditingkat nasional tetapi mereka akan bersaing ditingkat regional.

Pada Technical Meeting Senin (15/04/2019) siang, Kemas Rozihan Kasubbag Minat bakat dan penalaran atau yang biasa disapa jihan, menekankan agar para peserta bersungguh-sungguh dan meningkatkan kualitas pengetahuan dalam mengikuti kompetisi ini.

“Kami mengapresiasi mahasiswa yang ikut serta dalam kompetisi ini, karena kegiatan ini adalah program Belmawa yang termasuk kedalam program peningkatan penalaran, seperti kita tahu bahwa kegiatan kemahasiswaan diarahkan kepada beberapa hal, pertama penalaran seperti ONMIPA, NUDC, dsb, selanjutnya yaitu minat dan bakat seperti bakat musik dan olahraga”, kemudian Leadership terutama latihan kepemimpinan dan selanjutnya yaitu upaya kesejahteraan mahasiswa dan alumni termasuk juga pembinaan kewirausahaan”, jelas jihan.

Kegiatan ini diharapkan bisa mendatangkan prestasi yang lebih baik bagi UBB, agar bisa menyumbangkan point untuk peningkatan rangking universitas, peserta yang berhasil menjadi juara kompetisi ini dengan baik dan bersungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal,” harap Jihan.(Ars/Humas)


Topik

KDMI NUDC
. ayar