UBB berbenah dalam publikasi

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 14 Mei 2019 10:57 WIB | Diupdate pada 14 Mei 2019 10:57 WIB


SINTA -- Profil UBB Sinta Kemenristek dikti / last Score Update : 14 May

MERAWANG, UBB— Universitas Bangka Belitung (UBB) setelah mendapatkan peringkat B untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, UBB terus melakukan upaya perbaikan dalam peningkatan kualitas publikasi.

Diantaranya adalah beberapa jurnal sudah terindeks SINTA, yakni Jurnal Machine (Terindeks Sinta 5) yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Mesin, Jurnal IJBEE (Terindeks Sinta 3) yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi, Jurnal Ecotipe (Terindeks Sinta 4) yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Elektro, Jurnal Society (Terindeks Sinta 4) yang diterbitkan oleh Jurusan Sosiologi dan Jurnal Agrosaintek (Terindek Sinta 3) yang diterbitkan oleh Jurusan Agoroteknologi.

Dari hasil pemeringkatan Sinta untuk Jurusan dan Penulis di Universitas Bangka Belitung, didapat data, 3 Jurusan dengan skor tertinggi yakni ; Teknik Elektro, Biologi, dan Manajemen Sumberdaya Perairan. Sedangkan untuk 3 penulis dengan skor tertinggi yakni ; Yuant Tiandho (Fisika), Eddy Nurtjahya (Biologi) dan Wahri Sunanda (Teknik Elektro).

SINTA atau (Science and Technology Index) adalah situs berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti/penulis/author, kinerja jurnal, kinerja institusi Iptek.

Berbeda dengan sistem lain yang telah ada sebelumnya di Indonesia, SINTA merupakan pemeringkatan nasional yang diterbitkan oleh Kemenristekdikti untuk inventarisasi publikasi dalam negeri. memiliki fungsi relasi, sitasi, dan pengindeks.

SINTA juga menggunakan sistem entry-exit digital dan dikelola secara multisektor yang mempunyai tugas dan fungsi sinergis, yakni Kemenristek Dikti dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI.

UBB dengan harapan dari hasil pemeringkatan Jurnal yang sudah terindeks dapat memotivasi para dosen agar lebih meningkatkan publikasi mereka, meningkatkan kualitas publikasi ini untuk mendukung UBB sebagai universitas riset diakui tingkat Internasional di masa depan. (Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB
. ayar