Menuju Jurnal Akreditasi, FH UBB Gelar Workshop Tata Kelola OJS

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 17 Juni 2019 13:52 WIB | Diupdate pada 17 Juni 2019 14:26 WIB


MERAWANG, UBB – Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dan manajemen penerbitan jurnal online menuju jurnal terakreditasi nasional, pengelola jurnal progresif Fakultas Hukum (FH) Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar workshop Tata Kelola Online Jurnal System (OJS) bagi pengelola Jurnal dijajaran Perguruan Tinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat diruang rapat Gedung Rektorat Kampus Terpadu UBB, Senin (17/06) pagi.

Kegiatan yang diikuti sekitar 53 peserta ini difasilitasi oleh Direktorat Pengelola dan Kekayaan Intelektual Kemenristek Dikti bekerjasama dengan FH UBB, dengan menghadirkan pembicara utama Prof. Dr. Irwansyah, serta Yoga Dwi Arianda, S.T. dan Ahsan Yunus, SH., MH., dari Kemenristek Dikti bagian pengelolaan Jurnal.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan dan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola jurnal mengenai proses pengelolaan jurnal bersekala ilmiah.

Dekan Fakultas Hukum UBB Dr. Dwi Haryadi, SH., MH., menyampaikan workshop yang akan dilaksanakan dua hari (17-18/06) kedepan tersebut, diikuti oleh pengelola jurnal seluruh fakultas dilingkungan UBB dan peserta perawakilan dari 18 Perguruan Tinggi yang ada di Bangka Belitung.

“Workshop jurnal ini bertujuan memberikan spirit baru dalam pembenahan jurnal. Dunia kampus dan dosen tidak mungkin terlepas dengan penulisan jurnal. Agenda selama dua hari ini semoga bermanfaat untuk pengembangan akademik para dosen dalam menyusun kepangkatan fungsional”, ungkapnya.

Dalam sambutan Wakil Rektor I UBB Bapak Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., mengapresiasi acara yang di inisasi oleh Pengelola Jurnal Progresif Fakultas Hukum UBB bekerjasama dengan Direktorat Pengelola dan Kekayaan Intelektual Kemenristek Dikti. Ia juga menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat, karena pengelolaan jurnal tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan perguruan tinggi.

“Penulisan jurnal memiliki peran strategis dalam mempertajam visi UBB kedepan. UBB memberikan perhatian serius menuju Universitas riset yang mana out poutnya dalam bentuk jurnal. Universitas Bangka Belitung mempunyai 30 Jurnal dari berbagai Fakultas dan Program Studi, 5 diantaranya Jurnal tersebut sudah terakreditasi, ujarnya.

Beberapa jurnal di UBB sudah terindeks SINTA, yakni Jurnal Machine (Terindeks Sinta 5) yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Mesin, Jurnal IJBEE (Terindeks Sinta 3) yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi, Jurnal Ecotipe (Terindeks Sinta 4) yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Elektro, Jurnal Society (Terindeks Sinta 4) yang diterbitkan oleh Jurusan Sosiologi dan Jurnal Agrosaintek (Terindek Sinta 3) yang diterbitkan oleh Jurusan Agoroteknologi.

“Harapannya setelah agenda workshop ini dapat berkaselerasi menuju terakreditasi sesuai standar akreditasi jurnal nasional. Tentu Jurnal Progresif FH UBB kedepan semoga segera mendapat predikat terakreditasi”, tambah Nizwan.

Dalam mengelola jurnal secara online beberapa prinsip utama yang diutamakan yaitu melakukan proses manajemen distribusi artikel dengan baik dan benar, mulai dari proses submit hingga proses publikasi dengan mengacu target fokus kepada tata kelola jurnal menuju akreditasi nasional dan bereputasi internasiona.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pengelola jurnal untuk membuka wawasannya terkait pentingnya peran pengelola dalam menjalankan pengelolaan jurnal online, serta pentingnya akreditasi jurnal elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah nasional. (Ags/Humas)


Topik

Dr._Dwi_Haryadi,_SH.,_MH Fakultas_Hukum_UBB
. ayar