Seminar FE, Cara Cepat dan Menghindari Kesalahan Penulisan Jurnal International

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 20 Juni 2019 12:15 WIB | Diupdate pada 20 Juni 2019 12:15 WIB


Jurnal Internasional Yuliansyah, SE, MSA., Ph.D., Akt., Memulai publikasi jurnal di tahun 2015, dan saat ini sudah 22 jurnal terindex scopus, serta 16 buku hasil karyanya,  berbagi pengalaman dan memberikan materi dihadapan peserta seminar.

MERAWANG, UBB — Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan Seminar Penulisan Jurnal International bertema “How to Write International Journal and Avoid Mistakes” di Aula Timah II Fakultas Ekonomi Kampus Terpadu UBB, Rabu (19/06/2019) Siang.

Dengan Narasumber Yuliansyah, SE., MSA., Ph.D., Akt., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (UNILA) dihadiri Wakil Rektor I, Dekan FE, Wakil Dekan, dan  peserta para dosen di lingkungan UBB.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Nizwan Zukhri, S.E., M.M., mendorong  dosen sebagai peserta agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya guna menambah keterampilan menulis dalam jurnal internasional dan dapat mempelajari memahami betul untuk menghindari kesalahan-kesalahan dari penulisan yang akan disampaikan oleh narasumber.

Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Reniati, S.E., M.Si., senada dengan warek I menyampaikan sambutan “Tantangan kedepannya semakin berat karena ada 9 kriteria akreditasi, Kami berharap kedepan semakin banyak publikasi terutama dari FE agar akreditasi akan meningkat.

Yuliansyah, SE., MSA., Ph.D., Akt., menjelaskan, cara cepat dalam penulisan dan mengurangi kesalahan dalam mempublikasikan sebuah jurnal ilmiah. “Mencoba paradikma, Jangan kerja sendiri, lakukanlah konsep “berkolaborasi” atau “berjamaah” agar menghasilkan artikel yang cepat dan bagus , Cuma hanya yang berat itu adalah ide penelitian,” Ucapnya.

Menurut alumni dari SMA 1 Pangkalpinang ini, ada 9 cara untuk mencari ide penelitian yakni Lokasi Penelitian (West and East Countries), Jenis Industri (Manufaktur vs Jasa dan Private and Public Sector),Tingkatan Organisasi (kinerja organisasi vs individu),Kinerja Individu (manager vs karyawan), membandingkan antara departement, menggabungkan variabel, replikasi, mengkritik paper orang lain, dan Qualitative study, Jelas Yuliansyah.

Dalam menjelaskan proses penelitian yang dilakukan, penulis harus memberikan artikel yang original, jangan melakukan hal-hal yang tidak etis, seperti plagiarisme dan manipulasi data penelitian.

“Untuk mempublikasi ke jurnal Internasional tidak harus jago bahasa inggris, lakukanlah berkolaborasi,dan pesan saya agar selesaikan artikel baru dapatkan hibah dan jangan dapatkan hibah baru selesaikan artikel, banyak kejadian artikel tidak menghasilkan data yang kurang baik”, Lanjut Yuliansyah.

Kegiatan seminar berjalan dengan baik dan Acara lainnya yakni pemberian cindera mata dari fakultas ekonomi kepada narasumber dan foto bersama. (Ari Rizki/Humas)


Topik

Dr._Reniati,_S.E.,_M.Si Fakultas_Ekonomi_UBB Wakil_Rektor_I_UBB
. ayar