PMW UBB 2019, Bisnis Kekinian Menjadi Solusi bagi Banyak Orang

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 04 Juli 2019 10:01 WIB | Diupdate pada 04 Juli 2019 10:01 WIB


Foto Bersama – Narasumber dan Peserta pose bersama setelah kegiatan Pelatihan dan pendidikan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2019 di ruang pertemuan Rektorat Kampus Terpadu UBB, Rabu (06/07/2019) pagi.

BALUNIJUK (UBB) – Tingkatkan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha, Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) UBB menggelar Pendidikan dan Pelatihan dalam rangka mendukung Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2019, di ruang pertemuan rektorat Kampus Terpadu UBB, Rabu (03/07/2019) pagi.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Nizwan Zukhri, S.E., M.M didampingi oleh Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) UBB Hesty S.Si.,M.Pd.

Dalam kegiatan ini, UBB mengundang dua orang yang berkompeten dalam bidang kewirausahaan sebagai narasumber atau motivator yaitu; So’ib Mansyur Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu Bangka Belitung (PLUT Babel) dan Hendi Kurniah Pembina Yayasan Daarul Mahabbah.

“Pemerintah saat ini tengah gencar-gencarnya dalam mengembangkan kewirausahaan mahasiswa, tapi para mahasiswa ini kebanyakan hanya mengembangkan usahanya ketika masih berstatus mahasiswa, ketika telah menyelesaikan masa studi, pola pikirnya kembali menjadi pencari kerja”, ungkap Nizwan.

“Pimpinan mengucapkan terimakasih kepada panitia dan para narasumber. Semoga apa yang disampaikan oleh narasumber menjadi bekal berguna bagi para peserta, bukan hanya untuk saat ini tapi untuk pengembangan hingga kedepan,” harap Nizwan.

PMW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan,keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada pada mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

“Program Mahasiswa Wirausaha di UBB merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan dan melalui bimbingan Belmawa, UBB berhasil meningkatkan gairah kewirausahaan bagi mahasiswa. kegiatan PMW tidak hanya usaha didaerah masing-masing, namun kegiatan PMW sudah ada ditingkat nasional dengan bentuk expo/pameran produk. Harapannya UBB tahun depan bisa mengikuti kegiatan PMW hingga tingkat nasional”,ujar Hesty.

“Mahasiswa diharapkan mempunyai padangan atau rencana kedepan, bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk mendapatkan hibah saja dari universitas, namun usaha yang dijalankan adalah sebuah usaha yang kreatif, inovatif dan menjadi usaha yang berguna dan bisa ditekuni bagi mahasiswa setelah menyelesaikan masa studinya”harap Hesty.

PMW UBB 2019 melalui 2 tahap seleksi. Tahap pertama adalah seleksi administratif yang akan dilaksanakan oleh tim panitia dari BAKK. Seleksi tahap kedua berupa presentasi proposal yang akan dinilai oleh juri yang berkompeten berasal dari UBB dan praktisi kewirausahaan. Kelompok wirausaha yang lolos dalam penjurian akan mendapatkan hibah berupa dana bantuan untuk pengembangan usaha.

Dua narasumber yang dihadirkan dalam pendidikan dan pelatihan PMW memang punya kisah yang inspiratif dan kompeten dalam wirausaha. So’ib Mansyur misalnya, konsultan di PLUT Babel memiliki kompetensi dalam perizinan dan legalitas usaha. Hendi Kurniah Pembina Yayasan Daarul Mahabbah merupakan motivator dan wirausahawan yang sukses berbagai bidang usaha.(Ars/Humas)


Topik

BAKK_UBB Wakil_Rektor_I_UBB PMW_2019
. ayar