Gagal SBMPTN dan Mau Kuliah di UBB, Ikut Jalur Mandiri Aja!

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 08 Juli 2019 17:14 WIB | Diupdate pada 08 Juli 2019 17:14 WIB


Jalur Mandiri UBB - Siswa SLTA sederajat melakukan pendaftaran secara online Jalur Mandiri (SMM PTN-Barat) di bantu oleh Panitia bertempat di Seketariatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UBB, bertempat di Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB.

MERAWANG, UBB – Bagi siswa yang tidak lolos jalur SBMPTN jangan berkecil hati, karna masih ada kesempatan terakhir menjadi mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) melalui jalur seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (SMMPTN) Wilayah Barat, yang telah dibuka dari tanggal 01 Mei – 16 Juli 2019.

Pendaftaran SMM PTN-Barat dilakukan secara online dan peserta dapat memilih Prodi yang berada pada PTN BKS Wilayah Barat yang terdiri dari 15 PTN, dengan ketentuan Prodi pilihan pertama harus berada pada PTN lokasi ujian peserta.

Bagi siswa yang telah memilih prodi utamanya di UBB, lokasi ujian tulis berbasis cetak jalur mandiri (SMM PTN-Barat) yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019, pelaksanaannya terpusat di Kampus Terpadu UBB, dan tidak ada lagi ujian keterampilan atau ujian lainnya, serta pengumuman kelulusan akan diketahui pada tanggal  27 Juli 2019.

SMM PTN-Barat 2019 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN-Barat).

PTN yang tergabung tersebut antara lain; Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Universitas Bengkulu (UNIB), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (UNILA), juga Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Selain itu, ada pula Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (UNIMAL), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), dan Universitas Samudera (UNSAM).

Mekanisme pendaftaran jalur mandiri tidak jauh berbeda dengan mekanisme pendaftaran jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui situs melalui website pendaftaran.smmptnbarat.id. Adapun biayanya pendaftaran untuk peserta kelompok saintek atau soshum dipatok Rp. 350.000, dan untuk kelompok campuran (saintek dan soshum) sebesar Rp. 500.000.

Sementara pembayaran bisa dilakukan di tiga bank yang melakukan kerja sama dengan SMM PTN-Barat, yaitu BNI, BTN, Bank Mandiri. Info lengkap penerimaan SMMPTN-Barat 2017 meliputi tata cara pembayaran, biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website pmb.ubb.ac.id.

Seleksi jalur mandiri UBB, sesuai dengan Permenristekdikti, adalah maksimal 30 persen dari daya tampung, dan kuota daya tampung sementara untuk jalur mandiri UBB tersisa 282 kursi, dan bisa bertambah apabila siswa yang dinyatakan lulus jalur SBMPTN tidak melakukan registrasi ulang atau mengundurkan diri. Jalur mandiri UBB sendiri masih memberikan peluang beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan tidak mampu melalui program Bidikmisi

Biasanya intensitas pendaftar jalur mandiri disetiap PTN Wilayah Barat pasca pengumuman hasil SBMPTN yang akan diumumkan pada hari Selasa (9/6) pukul 15.00 wib, akan terus meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB SMMPTN_BARAT
. ayar