Uji Konsep Naskah Akademik Dan RUU Etika Anggota Dewan, Badan Keahlian DPR RI Kunjungi FISIP UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 10 Juli 2019 22:51 WIB | Diupdate pada 10 Juli 2019 23:04 WIB


Balunijuk - Pusat Perancangan Undang-Undang Badan Keahlian DPR RI melalui Tim Penyusunan Konsep Awal Naskah Akademik dan Draf Rancangan Undang-Undang tentang Etika Anggota Lembaga Perwakilan melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung, Rabu (10/7/2019).

Diketuai oleh Dr. Lidya Suryani Widayati, S.H., M.H., tim yang beranggotakan 4 orang ini disambut oleh Dekan FISIP UBB, Dr. Ibrahim, M.Si dan Kepala Laboratorium Ilmu Politik, Sandy Pratama, Msi. Kedatangan Tim Penyusun ini bertujuan untuk melakukan uji konsep guna mendapatkan masukan terkait penyusunan Naskah Akademik dan RUU tentang Etika Anggota Lembaga Perwakilan.

Kegiatan uji konsep dilaksanakan di Ruang Dekanat, Gedung Babel I, FISIP, Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung. Dalam kesempatan ini, Dr. Ibrahim, M.Si, mewakili sivitas akademika FISIP UBB memberikan saran dan masukan terkait pencegahan dan penegakan etik di lembaga perwakilan serta masukan terkait Naskah Akademik agar dapat menjadi landasan hukum bagi regulasi pencegahan hingga penegakan etik di lembaga perwakilan.

Penyusunan Naskah Akademik (NA) dan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Etika Anggota Lembaga Perwakilan untuk menegakkan nilai moral anggota lembaga perwakilan sebagai penyelenggara negara dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan negara dan membangun integritas, profesionalitas, dan jati diri serta menjaga martabat anggota lembaga perwakilan. Pengaturan antara lain berkaitan dengan prinsip etika, hak imunitas, bentuk dan unsur lembaga etik, serta mekanisme pencegahan dan penegakkannya. RUU tentang Etika Anggota Lembaga Perwakilan saat ini juga sudah menjadi political will antara DPR dan Pemerintah sebagai pembentuk undang-undang dengan memasukkan RUU ini ke dalam Program Legislasi Nasional jangka panjang Tahun 2015 -2019. (red. fisip/Humas)


Topik

FISIP_UBB Dr._Ibrahim,_S.Fil.,_M.Si
. ayar