Mahasiswa KKN UBB Jeramba Gantung, Kembangkan Budidaya Ikan dan Aquaponik

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 19 Juli 2019 10:50 WIB | Diupdate pada 19 Juli 2019 10:50 WIB


GANTUNG, UBB - Mahasiswa KKN Tematik UBB 2019 Kelurahan Jerambah Gantung menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Budidaya Ikan dan Sayur Aquaponik yang merupakan program kerja utama kegiatan KKN tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (17/07/19) dengan dihadiri oleh beberapa Remaja Masjid Istiqrob Jerambah Gantung  yang mewakili masyarakat Kelurahan Jerambah Gantung.Kegiatan ini juga di hadiri oleh Ketua RT 03 Ibu Silvia Rosita, selaku tuan rumah tempat kegiatan berlangsung.

Dirinya menuturkan bahwa kehadiran Mahasiswa KKN UBB di Kelurahan Jerambah Gantung memiliki pengaruh yang sangat positif untuk memajukan kelurahan tersebut.Dapat diketahui bahwa Aquaponik merupakan sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.

Aquaponik juga merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Proses di mana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannua. Lalu tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurangi zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan.

Dengan siklus ini akan terjadi siklus saling menguntungkan dan bagi kita yang mengaplikasikannya tentu saja akan sangat menguntungkan sekali, karena lahan yang dipakai tidak terlalu luas.

Kegiatan ini diisi dengan berdiskusi santai antara Mahasiswa KKN UBB 2019 dan Remaja Masjid Istiqrob kemudian remaja masjid pun antusias untuk membersihkan dan merakit kerangka Aquaponik tersebut. Mulai pemotongan pipa, kayu, hingga merakit pipa tersebut hingga membentuk seperti kolam penampungan ikan berukuran 2x1.

 Kegiatan ini dilakukan kurang lebih selama 2 jam, dan peserta nampak begitu antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Sosialisasi pelatihan ini dipaparkan dengan jelas oleh Mahasiswa KKN UBB 2019 Kelurahan Jerambah Gantung.

“Kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Kegiatan ini memberikan informasi yg penting bagaimana kami bisa memanfaatkan pekarangan rumah,” ujar Anggi selaku Ketua Remaja Masjid Istiqrob sekaligus peserta pelatihan

Harapan setelah pelatihan ini dilaksanakan yaitu masyarakat dapat memanfaatkan lahan di pekarangan rumah dan juga masyarakat bisa menerapkannya dengan skala yang lebih besar, terlebih lagi melibatkan remaja masjid yang nantinya diharapkan menjadi penyambung dan penerus. Sehingga kedepannya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat tersebut.

Namun tidak hanya Sosialisasi dan Pelatihan  Budidaya Ikan dan Sayur Aquaponik saja, masih banyak lagi program-program yang akan dijalankan oleh Mahasiswa KKN 2019 Kelurahan Jerambah Gantung ini. (red.Ed/Humas)


Topik

KKN_UBB
. ayar