28 Tim PKM Bersaing Rebut Tiket PIMNAS 2019

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 20 Juli 2019 23:19 WIB | Diupdate pada 20 Juli 2019 23:19 WIB


MERAWANG, UBB - Universitas Bangka Belitung (UBB) menjadi tuan rumah pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun  2019, dari 28 Tim PKM yg bersaing untuk merebut tiket ditingkat nasional, bertempat di Kampus Terpadu UBB, Sabtu (20/7).

Kegiatan Monev yang dilakukan Kemenristek Dikti, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan pelaksanaan PKM, serta pertanggung jawaban terhadap penggunaan anggaran yang sudah didanai.

Pelaksanaan Monev PKM 5 Bidang di Kampus Terpadu UBB, akan berlangsung selama dua  hari, Sabtu-Minggu (20-21/7). Kegiatan PKM dibuka langsung oleh Wakil Rektor 2 UBB, Sri Rahayu, pada Sabtu (20/7) pagi yang didampingi Kepala BAKK UBB, Hesti, beserta Tim dari Belmawa DIKTI dan 2 org tim reviewer, Aam Amaningsih Jumhur (UNJ), dan Zubaedah Wiji Lestari (Uninus Bandung).

28 tim PKM yang akan menjadi monev merupakan perwakilan dari dua perguruan tinggi diantaranya, 24 PKM dari UBB dan 4 PKM dari Polman Babel. Tim UBB sendiri dengan dgn rincian 16 Tim dari Prodi Kimia, 7 Dari prodi Fisika dan 1 dari Prodi Agroteknologi.

Pelaksanaan monev yang dilaksanakan sabtu pagi hingga sore berjalan lancar, setiap tim melakukan presentasi selama 10 menit, dihadapan tim monev, serta tambahan maksimal 10 menit bagi peserta tim yang perlu melakukan klarifikasi.

Pelaksanaan monev PKM ini merupakan salah satu tahapan sebelum para peserta melangkah ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Menurut Feri (Dosen Kimia UBB) Tahun ini PKM UBB  terbanyak yang lolos, dan  bisa dijadikan host.

"Soalnya tahun sbelumnya kita mampu meloloskan 1 tim ke pimnas dari 5 tim yang dapat  hibah. Mudah-mudahan tahun ini ada  peningkatan, dan UBB bisa  support semua," tutur Feri.

Feri menambahakan, hasil dari monev ini, utk tim PKM  yg nilainya tinggi akan diikutsertakan pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 32 di Universitas Udayana Bali pada akhir agustus nanti.

Selain itu, Kepala BAKK UBB juga mengapresiasi kepada pihak panitia yang telah berupaya sebaik mungkin mempersiapkan acara ini. Direncanakan pelaksanaan penutupan PKM pada minggu (21/7), akan dihadiri langsung oleh Direktur Kemahasiswaan Ristekdikti, Didin Wahidin. (Ags/Humas)


Topik

Mahasiswa BAKK_UBB
. ayar