Tim KKN UBB Bersama TNI AL, Perangkat Desa, dan Komunitas Peduli Lingkungan Tanam 1.000 Pohon Mangrove

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 22 Juli 2019 19:56 WIB | Diupdate pada 22 Juli 2019 19:56 WIB


BELINYU, UBB - Salah satu program kerja Tim KKN UBB Mantung dan Air Jukung melakukan penanaman 1000 pohon mangrove di bibir pantai Batu Dinding, Sabtu (20/7/2019). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pangkalan TNI AL (LANAL) Bangka Belitung, Camat Belinyu, Lurah Mantung, Generasi Pesona Indonesia, Komunitas Bahasa Bangkek, Greenboys dan aktivis lingkungan yang ada di Belinyu. 

Penanaman 1000 pohon mangrove ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat tehadap lingkungan. Selain itu mangrove tesebut juga dijadikan sebagai pelindung memiliki banyak manfaat untuk mencegah intrusi air laut, erosi dan abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring unsur-unsur alami sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa.

Dosen pembimbing lapangan KKN UBB Mantung dan Air Jukung, Siti Aisyah juga ikut serta dalam penanaman mangrove. Harapan besar acara ini dapat dijadikan sebagai contoh positif masyarakat sebagai bentuk  kepedulian terhadap lingkungan.

“Aksi penanaman mangrove ini merupakan momentum bagi seluruh elemen untuk bersama-sama menanamkan jiwa kepedulian lingkungan serta memperbaiki kualitas lingkungan,” ujar Siti Aisyah.

Kapten, Widi dari LANAL Bangka Belitung dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove. Tak sedikit anggota LANAL Bangka Belitung terjun langsung menanam mangrove di bibir pantai Batu Dinding.

“Penanaman Mangrove ini sangatlah baik dan penting untuk memperbaiki ekosistem pantai sebagai rumah untuk biota laut,” ujar Kapten Widi.

Harapan besar setelah penanaman 1000 pohon mangrove ini masyarakat dapat sadar akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan. Tak berhenti sampai disini saja, para penggiat lingkungan diharapkan dapat meneruskan kegiatan ini di tempat lain. (red.EYP/Humas)


Topik

KKN_UBB
. ayar