Tanam Bibit Bakau, Kelompok KKN Penagan Lestarikan Ekosistem Pantai

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 24 Juli 2019 14:43 WIB | Diupdate pada 24 Juli 2019 14:43 WIB


Pose Bersama – Perangkat Desa dan Peserta kegiatan penanaman bibit bakau foto bersama kelompok KKN Penagan 2019 setelah penanaman bibit bakau di depan Pantai Tanjung Raya Desa Penagan.

PENAGAN (UBB) – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Penagan, gelar kegiatan Penanaman Bibit Bakau di Pantai Tanjung Raya saat hari kesembilan program KKN, tepatnya pada hari Kamis (18/7/2019) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan melibatkan kelompok Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Karang Taruna Desa Penagan, Ikatan Remaja Masjid Desa Penagan, siswa SDN 27 Mendo Barat, SDN 28 Mendo Barat, dan SMAN 2 Mendo Barat dengan jumlah peserta yang terlibat 70 orang.

Kegiatan Penanaman Pohon Bakau ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Penagan. Dalam sambutannya, beliau menyatakan dukungan, “Saya sangat mendukung kegiatan ini, untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap lingkungan. Kegiatan penanaman bakau sangat penting, mengingat peran bakau sebagai penyangga pantai dan tempat hidup biota laut.”

Diakhir sambutan, beliau menyatakan harapannya “Laut merupakan potensi besar yang dimiliki oleh Desa Penagan, semoga selanjutnya hutan bakau ini dapat dijaga oleh pemuda Desa Penagan”.

Setelah pembukaan, peserta langsung menuju bibir pantai Tanjung Raya, kondisi air laut yang sedang surut mempermudah kegiatan penanaman bibit bakau ini. Masing-masing peserta diberi tiga bibit bakau untuk ditanam, meskipun kondisi tempat penanaman bakau cukup sulit karena banyaknya lumpur dan batu karang yang tajam, namun peserta terlihat sangat antusias.

Tanam Bibit – Penanaman bibit bakau oleh kelompok Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Karang Taruna Desa Penagan, Ikatan Remaja Masjid Desa Penagan di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan, Kamis (18/7/2019) pagi.

Ketua Karang Taruna Desa Penagan, disela penanaman bibit bakau menyatakan “Kami sangat mengapresiasi kelompok KKN Desa Penagan dalam pelaksanaan program kerja ini. Harapan saya, semoga program ini dapat dilanjutkan oleh pemuda Desa Penagan”.

Kegiatan penanaman pohon bakau ini selesai pada pukul 11.00 WIB. Kegiatan penanaman pohon bakau ini merupakan salah satu rangkaian program kerja dalam rangka pelestarian ekosistem di pantai Tanjung Raya sebagai salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Desa Penagan. (Bellana/Humas Aris)


Topik

KKN_UBB
. ayar