UPT Bahasa UBB Kerjasama dengan UPT Bahasa Universitas Trunojoyo Madura (UTM)

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 25 Juli 2019 14:52 WIB | Diupdate pada 25 Juli 2019 14:52 WIB


Foto Bersama – Rombongan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) foto bersama Staf UPT Bahasa UBB dan dosen pengajar Prodi Sastra Inggris usai penandatanganan MoA di ruang Akustik Gedung Timah 1 Kampus Terpadu UBB, Kamis (25/07/2019) Pagi.

BALUNIJUK (UBB) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Bangka Belitung (UBB) jalin kerja sama dengan UPT Pusat Bahasa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) terkait pengelolaan administrasi, pendidikan dan pelatihan bahasa di perguruan tinggi.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Kepala UPT Bahasa UBB Riwan Kusmiadi STP MSi dan Kepala UPT Pusat Bahasa UTM Prof. Dr. Suryo Tri Saksono di ruang Akustik Gedung Timah 1 Kampus Terpadu UBB, Kamis (25/07/2019) Pagi.

Penandatangan disaksikan oleh rombongan UPT Pusat Bahasa UTM sebanyak tujuh orang, staf UPT Bahasa UBB, serta dosen program studi Sastra Inggris UBB.

“Kami merasa tersanjung atas kunjungan rombongan dari UPT Pusat Bahasa Universitas Trunojoyo Madura ke Kampus UBB, khususnya UPT Bahasa UBB, semoga kunjungan ini bisa memberikan manfaat bagi kedua universitas terutama bagi UPT Bahasa kedua Universitas,” sambut Riwan.

“Kami harap dengan penandatanganan MoA ini, kerjasama kedua UPT Bahasa bisa terus berjalan dan terus meningkatkan peran UPT Bahasa dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Riwan.

Tandatangan -- Kepala UPT Bahasa UBB Riwan Kusmiadi STP MSi dan Kepala UPT Pusat Bahasa UTM Prof. Dr. Suryo Tri Saksono tandatangani Memorandum of Agreement (MoA) tentang kerjasama dibidang kebahasaan Perguruan Tinggi.

Dalam sambutan Kepala UPT Pusat Bahasa UTM Prof. Dr. Suryo Tri Saksono menjelaskan bahwa UTM hampir sama dengan UBB, dari segi umur UTM bisa dikatakan sebagai Universitas baru, hanya lebih tua beberapa tahun. Selain itu juga UTM juga merupakan Universitas yang berada di kepulauan.

“Pusat Bahasa Universitas Trunojoyo Madura merupakan salah satu UPT di Universitas Trunojoyo Madura, yang tugas utamanya adalah memberikan pelayanan di bidang kebahasaan. Kurang lebih Tiga belas tahun UPT Pusat Bahasa Universitas Trunojoyo Madura telah memberikan pelayanan kebahasaan kepada sivitas akademika Universitas Trunojoyo Madura dan masyarakat luas baik secara kelembagaan (seperti sekolah lanjutan, perguruan tinggi, dan pondok pesantren) maupun perorangan,” ujar Suryo

Suryo menjelaskan Jenis layanan yang diberikan Pusat Bahasa UTM meliputi pelatihan bahasa asing (General English, Bahasa Arab, TEOFL Preparation), tes kemampuan bahasa asing (TPT, ITP-TOEFL dan TOEIC), penerjemahan teks dan dokumen (dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya), pelatihan pengelolaan pusat pembelajaran mandiri (Self Access Center ), technical assistance laboratorium bahasa, dan pelayanan konsultasi dalam bidang pengembangan kurikulum dan silabi, materi ajar, metodologi pengajaran, dan evaluasi bahasa asing.

Setelah penandatanganan MoA, acara dilanjutkan foto bersama dan diskusi membahas tentang pengelolaan ke-bahasa-an di perguruan tinggi serta berbagi pengalaman sesama pengelola UPT Bahasa di masing-masing Universitas.(Ars/Humas)


Topik

Riwan_Kusmiadi,_STP,_M.Si.
. ayar