Rektor UBB dan Tim Monitoring Tinjau Mahasiswa Peserta KKN Desa Cendil Beltim

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 01 Agustus 2019 21:18 WIB | Diupdate pada 01 Agustus 2019 21:18 WIB


Geowisata Desa Cendil – Kunjungan Rektor UBB, Muh Yusuf beserta tim monev melihat kegiatan mahasiswa KKN UBB dalam pengembangan kawasan geowisata hutan kerangas, serta budi daya madu trigonal di Desa Cendil, Kabupaten Belitung Timur, Rabu (31/7).  

KELAPA KAMPIT, UBB - Rektor, Muh Yusuf, beserta Panitia dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), mengunjungi mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-14, saat melaksanakan program monitoring dan evaluasi (monev), di Desa Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Rabu (31/7/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Rektor mengadakan dialog interaktif dan berdiskusi terkait apa yang telah dilakukan mahasiswa selama berada di lokasi KKN. Satu persatu mahasiswa menjelaskan program yang telah dilaksanakan serta menceritakan keadaan desa yang mereka tempati, mulai dari kondisi desa, aktivitas mata pencaharian, hingga karakterisik sosial budaya masyarakat desa.

Di desa Cendil misalnya, mahasiswa menyampaikan selama KKN sampai minggu ke-3, program unggulan KKN  telah mencapai 70%, termasuk KKN Tematik dan Revolusi Mental. Program yang sudah jalan diantaranya optimalisasi potensi pertanian dengan mengembangkan pestisida dengan memanfaatkan limbah organik, sosialisasi BPJS, pengembangan website Desa, hidroponik, hutan wisata kerangas, budi daya madu, serta program lainnya.

Tidak hanya itu, mahasiswa pun mengaku aktif mengikuti kegiatan yang ada di masyarakat, seperti pengajian, membantu persiapan perlombaan dan perayaan HUT RI yang diselengarakan ditingkat desa, aktif dikegiatan kepemudaan desa, hingga berolahraga bersama.

Bahkan mahasiswa pun berinovasi membuat produk unggulan desa yang sudah didesain dengan kemasan yang menarik, seperti minuman tradisional T’ Japu (teh jahe kapulaga), T’ Jala (teh jahe lada) dan T’Jadu (teh jahe madu), sehingga diharapkan mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya.

Seketaris Desa Cendil, Melli Astika mengaku sangat bangga dan mengapresiasi kepada seluruh kegiatan dan program kerja yang digagas oleh mahasiswa KKN UBB.

“Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKN UBB, dengan kehadiran mahasiswa kami merasa terbantu sekali, dengan pelaksanaan gabungan program kami dan program yg dirintis oleh mahasiswa UBB dalam kegiatan KKN ini. Berharap tahun depan UBB dapat kembali mengirimkan mahasiswa KKN di Desa Cendil,” ungkapnya.

Rektor UBB, Muh Yusuf beserta tim monev mengapresiasi pemaparan yang dilakukan oleh para mahasiswa, dan bersyukur dapat mendengar langsung penuturan dari prangkat desa dan toko pemuda atas kreatifitas peserta KKN yang bisa berbaur dan berkaborasi dengan masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah, para mahasiswa kita sangat kreatif dan berinovasi dalam merancang program kerja yang dapat dikolaborasi dengan program desa, serta diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar. Terimakasi juga kepada perangkat desa yang sudah mensupport kegiatan mahasiswa KKN UBB,” tutur Rektor.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan agar kegiatan KKN yang telah dilakukan mahasiswa UBB dapat menjadi pengalaman yang berharga, dimana mahasiswa bisa merasakan secara langsung kehidupan masyarakat. Sehingga, ini menjadi momentum mahasiswa untuk belajar lebih dewasa dan menerapkan ilmunya, serta menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan.

Disela-sela kunjungannya, Rektor beserta tim menyempatkan untuk melihat secara langsung kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN di Desa Cendil, salah satunya pengembangan kawasan geowisata hutan kerangas, serta budi daya madu trigonal. (Ags/Humas)


Topik

KKN_UBB
. ayar