Sambutan Rektor UBB dalam PKKMB 2019

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 11 Agustus 2019 22:29 WIB | Diupdate pada 14 Agustus 2019 15:33 WIB


Assalamu’alaikum wr.wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua …

 

Pertama-tama kami mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya Alhamdulillah pada pagi ini, tgl. 12 Agustus 2019 kita bersama-sama dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka untuk upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2019/2020, di lingkungan Universitas Bangka Belitung. Pada kesempatan ini, saya selaku Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) mewakili para pimpinan di lingkungan Universitas Bangka Belitung mengucapkan “Selamat” kepada para mahasiswa baru dan selamat bergabung dan menjadi bagian dari Sivitas Akademika Universitas Bangka Belitung. Sungguh kita semua khususnya adik-adik para mahasiswa baru patut bersyukur karena setelah melewati tahapan demi tahapan dari serangkaian seleksi yang ditetapkan, kalian akhirnya bisa lolos dan diterima sebagai mahasiswa baru di Universitas Bangka Belitung, satu-satunya Universitas Negeri yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kita banggakan bersama.

Dengan penuh rasa syukur dan bangga, kami mengucapkan Selamat Datang kepada 1.184 mahasiswa baru, peserta PKKMB UBB tahun 2019. Kami yakin bahwa kehadiran kalian semua adalah pilihan terbaik dan berkat kesungguhan dan ketetapan hati dalam menentukan pilihan, dan pilihan yang tepat untuk bergabung dan menjadi bagian dari Sivitas Akademika UBB. Tentu ini menjadi spirit dan energi baru buat UBB untuk terus berupaya agar menjadi lebih baik, maju, dan berkembang bersama membesarkan UBB untuk dikenal hingga ke level Nasional bahkan internasional, dan pada saatnya nanti sebagaimana apa yang menjadi Visi UBB yaitu dikenal dan diakui di tingkat Internasional sebagai Universitas Riset yang dibangun atas dasar Mental, Moral dan Intelektual. Unggul Membangun Peradaban itulah yang menjadi Motto UBB, tentu peradaban yang dibangun atas dasar Mental, Moral, dan intelektual yang Mulia. Dalam bingkai NKRI, maka Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 menjadi landasan kita semua dalam hidup berbangsa dan bernegara, serta menghargai dan menghormai atas keberagaman agama, keyakinan, suku, ras, budaya, bahasa yang hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang kita cintai bersama.

Oleh karena itu, di dalam kegiatan PKKMB ini tidak boleh ada lagi perpoloncoan, kekerasan, pemaksaan kehendak termasuk tidak boleh ada kekerasan verbal yang dapat menyebabkan seseorang/mahasiswa baru menjadi shock atau trauma. Perpoloncoan adalah bertentangan dengan HAM, sehingga tidak boleh ada lagi hal-hal atau tindakan semacam itu, dan sudah tidak jamannya lagi di era Millenium, era Digitalisasi, Era Revolusi Industri 4.0. Skill, kemampuan akademik dan prestasi belajar, dengan disertai pengalaman non akademik seperti dalam berorganisasi intra kampus melalui BEM, DPM, UKM dan keterlibatan di berbagai kegiatan ilmiah lainnya (seminar, konferensi dan sejenis-nya) sangat menunjang bagi keberhasilan karir dan masa depan adik-adik mahasiswa setelah lulus nanti.

Kami berpesan dengan berbagai kesibukan adik-adik para mahasiswa baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik tetap bisa menyelesaikan studi dengan sebaik-baiknya, disertai dengan memiliki prestasi, serta pengalaman dalam berorganisasi khususnya intra kampus, dan itu sesungguhnya capaian prestasi yang membanggakan.

Sebagai seorang mahasiswa yang berada di lingkungan yang baru yaitu dunia kampus Perguruan Tinggi, tentu harus banyak melakukan berbagai penyesuaian atau termasuk harus beradaptasi di lingkungan yang baru, meninggalkan dunia pelajar atau dunia kekanak-kanakan, mungkin ada yang jauh dari keluarga, dan harus mulai mandiri tidak tergantung oleh orang tua, mendewasakan diri untuk menjadi mandiri, menyiapkan diri untuk kesiapan bekerja, meniti karir, dan menjadi pemimpin/manager, bahkan ada yang bermimpi atau memiliki cita-cita menjadi orang nomor satu di daerah, provinsi, negara, kementerian/lembaga atau suatu institusi bahkan mungkin akan ada yang menjadi Menteri, Duta Besar, tentu semuanya sangat mungkin jika adik-adik mahasiswa bersungguh-sunguh dalam studi, disertai dengan ikhtiar dan doa. Kita harus mempunyai cita-cita yang tinggi …, sehingga menjadi penyemangat dan gairah untuk belajar dengan baik, menggapai mimpi/cita-cita yang mulia. Asah terus potensi, bakat dan talenta yang ada pada setiap diri adik-adik mahasiswa, salurkan dalam suatu wadah yang semestinya, sehingga bisa bersinar dan menyinari lingkungan sekitarnya.

Perlu kami sampaikan disini, bahwa kalian semua, adik-adik mahasiswa sekarang telah menjadi mahasiswa baru UBB dan telah menyelesaikan kewajiban admistrasi termasuk telah membayar dan melunasi Uang Kuliah Tunggal atau UKT di semester pertama dan semester-semester berikutnya nanti, dan bagi yang diterima melalui jalur Mandiri atau SMMPTN juga dikenakan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) sesuai dengan ketentuan dabn aturan yang ada. Dengan telah dipenuhinya untuk membayar UKT di setiap semester, maka berarti adik-adik mahasiswa tidak dikenakan lagi pungutan-pungutan yang sifatnya wajib, termasuk dalam kegiatan PKKMB ini berlangsung, selama mengikuti perkuliahan, kegiatan KKN, hingga diwisuda menjadi Sarjana nanti. Semuanya sudah terakomodasi dalam sistem UKT yang saya sebutkan tadi.

Selamat datang mahasiswa baru…, selamat bergabung dengan Universitas Bangka Belitung, bersama satukan tekad memajukan UBB. Majulah UBB …, jaya … jayalah UBB, Almamater kita. Terima kasih …, kurang lebihnya mohon maaf.

 

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Rektor,

ttd

Dr.Ir. Muh Yusuf, M.Si

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Topik

PKKMB
. ayar