Menghadirkan Inisiator Peradaban Melalui PKKMB UBB Tahun 2019

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 12 Agustus 2019 20:54 WIB | Diupdate pada 12 Agustus 2019 20:54 WIB


PKKMB 2019 -  Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., penyematkan tanda peserta PKKMB Tahun 2019 secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa baru di acara pembukaan PKKMB, Senin (12/8).

MERAWANG, UBB - Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., membuka kegiatan program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), dilapangan parkir Fakultas Teknik (FT), Kampus Terpadu UBB, Senin (12/08/2019) pagi.

PKKMB merupakan salah satu program bagi mahasiswa baru UBB untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus, dan sebagai salah satu sarana silahturahmi antar sesama mahasiswa baru, dan acara ini akan berlangsung selama 4 hari yakni dari tanggal 12 hingga 15 Agustus 2019.

Dengan tema "Menghadirkan Inisiator Peradaban yang Ber-Memori (Mental, Moral, dan Intelektual) dalam Semangat Membangun Pergerakan Di Garda Terdepan". Kegiatan PKKMB ini resmi dibuka oleh Rektor UBB Muh Yusuf, ditandai dengan pemetikan gitar gambus (alat musik tradisional Melayu Babel), serta dilanjutkan dengan penyematan secara simbolis tanda peserta PKKMB Tahun 2019.

Pembukaan PKKMB ini dihadiri oleh Pimpinan Universitas, para Dekan dimasing-masing Fakultas, Kepala Biro, Kepala UPT, Kepala Lembaga, Kepala Jurusan, panitia PKKMB, serta seluruh Mahasiswa Baru UBB Tahun Akademik 2019/2020.

Laporan Ketua Pelaksanaan Ahmad Syukri B., pelaksanaan kegiatan PKKMB melibatkan semua elemen yang ada di Kampus, bahkan untuk mempersiapkan acara PKKMB ini panitiaan telah mengorbankan waktu liburnya (lebaran Id Adha) dengan keluarga, guna menyambut mahasiswa baru sebagai Inisiator Peradaban.

“Teman-teman ku mahasiswa baru, kami pernah seperti kalian, dan pada saat ini kami menyambut temen-teman dengan tangan terbuka, dengan kasih sayang, dengan kecintaan, agar kalian pula cinta kepada Universitas Bangka Belitung,” pungkasnya.

Menurut Ahmad, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenal, membimbing dan mengarahkan calon mahasiswa agar siap nantinya untuk mengikuti segala kegiatan dan aktifitas yang ada didalam perkuliahan, baik akademik maupun non akademik.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Biro Akademik Kemahasiswa UBB, Hesty, SSi., MPd., sekaligus selaku Ketua Panitia, ada 4 hal yang melatar belakangi kegiatan PKKMB 2019 dilaksanakan yaitu;

  1. Menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi jadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.
  2. PKKMB ini juga menjadi sarana bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik dan non akademik.
  3. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan PKKMB.
  4. Menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan reformasi industri yang menuntun mahasiswa menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan, serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21.

Presiden Mahasiswa UBB Janovan Firanda, dihadapan peserta PKKMB memberikan semangat dengan menjadikan momentum ini menjadi awal perjuangan. Menurutnya kampus-kampus besar tidak mungkin secara instan langsung besar, tentunya melalui proses dan perjuangan yang panjang, begitu pula kepada mahasiswa baru UBB jangan pernah berkecil hati, justru harus bangga karna dari mahasiswa baru inilah akan mencadi catatan dan sejarah kampus ini akan besar yang akan dikenal.

Dalam sambutannya Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., sekaligus membuka secara resmi PKKMB UBB 2019, mengatakan kehadiran mahasiswa baru tentunya akan menjadi spirit dan energi baru bagi UBB, untuk terus berupaya agar menjadi lebih baik, maju, dan berkembang bersama-sama membesarkan UBB untuk dikenal hingga ke level nasional bahkan internasional.

Ia menabahkan, kemampuan akademik dan prestasi belajar yang sangat baik, dengan disertai pengalaman non akademik seperti dalam berorganisasi intra kampus melalui BEM, DPM, UKM dan keterlibatan di berbagai kegiatan ilmiah lainnya (seminar, konferensi dan sejenis-nya) sangat menunjang bagi keberhasilan karir dan masa depan adik-adik mahasiswa setelah lulus nanti.

Di hadapan 1.184 mahasiswa baru Rektor juga berpesan mengajak semua peserta untuk menjadi mahasiswa pilihan yang unggul membangun peradaban, serta memiliki target lulus tepat waktu dengan berbagai prestasi yang membanggakan.

“Kita harus mempunyai cita-cita yang tinggi, sehingga menjadi penyemangat dan gairah untuk belajar dengan baik, menggapai mimpi/cita-cita yang mulia. Asah terus potensi, bakat dan talenta yang ada pada setiap diri adik-adik mahasiswa, salurkan dalam suatu wadah yang semestinya, sehingga bisa bersinar dan menyinari lingkungan sekitarnya,” tutur Rektor. (Ags/Humas)


Topik

PKKMB
. ayar