Festival Sadai Culture oleh Mahasiswa KKN UBB Mendapat Perhatian Gubernur

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 16 Agustus 2019 07:07 WIB | Diupdate pada 16 Agustus 2019 07:07 WIB


TUKAK SADAI, UBB - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XIV Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Sadai berkolaborasi dengan Pemerintah Desa mengadakan Festival Sadai Culture “Back To Nature”, bertempat di Pantai Wisata Tanjung Ru, Desa Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, pada Kamis (15/08/2019).

Festival Sadai Culture ini resmi dan dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., yang juga telah diberikan gelar kehormatan oleh masyarakat Bugis dengan gelar Daeng Malewa. Acara ini pun mendapatkan antusiasme yang sangat meriah dan positif dari masyarakat Tukak Sadai dan sekitarnya.

Hadir pada pegelaran tersebut Rektor UBB, Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., petinggi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Babel diantaranya Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Babel, M. Rivai, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Babel, Drs. Sulistiarso, M.M., M.Si., Wakil Bupati Bangka Selatan, Ketua BNN Bangka Selatan, Ketua DPRD Bangka Selatan, Camat Tukak Sadai, Kepala Desa Sadai, Polres Bangka Selatan, Polsek Toboali, Koramil serta tamu undangan lainnya.

Dengan kehadiran tamu undangan difestifal ini, akan menjadi acuan dan dorongan untuk kemajuan pariwisata yang akan membawa dampak ekonomis bagi masyarakat, serta sebagai peningkatan pendapatan asli desa (PAD) khususnya Desa Sadai.

Ketua Pelaksana Festival, Sustrisno (Mahasiswa KKN UBB) mengatakan, festival yang dilaksanakan hari ini adalah suatu gagasan yang terlaksana berkat kerja sama mahasiswa KKN XIV UBB, pemerintah desa, dan masyarakat setempat, serta sebagai representasi isi Peraturan Desa yang salah satunya berkenaan dengan Desa Wisata.

Melalui festival ini juga, Ia dan rekan KKN lainnya ingin mengangkat Desa Sadai ini layak jadi desa wisata dengan potensi alam dan budaya yang dimiliki, akan menjadi keungulan tersendiri bagi Desa.

“Kegiatan ini atas inisiatif mahasiswa KKN yang ditugaskan di Desa Sadai, sebenarnya!. tujuannya itu untuk me-representasikan isi Perdes, dan kami dari mahasiswa juga menggodok 4 Perdes, salah satunya itu adalah desa wisata. Jadi kami ingin menaplikasikan dalam bentuk festival, bahwa Sadai ini layak jadi desa wisata, dan Sadai ini punya potensi alam dan punya potensi budaya, yang harus dilihat oleh Pemkap dan Pemprov,” terang Sustrisno.

Tidak hanya pegelaran pentas seni saja difestival tersebut, terdapat stand-stand yang memperkenalkan produk UMKM asli dari Desa Sadai dan sekitarnya. Tak hanya stand produk UMKM saja, namun masyarakat juga mendapat keberkahan dengan menjajakan makanan dan minuman disekitaran pantai Tanjung Ru tempat pelaksanaannya acara. 

Selain itu terdapat lomba-lomba untuk membantu memeriahkan acara Festival Sadai Culture “Back To Nature”, antara lain lomba yang diikuti dari tingkat anak-anak, pemuda hinga orang tua, yang akan berlangsung hingga malam nanti.

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi Rosman menyampaikan selamat kepada Camat Tukak Sadai dan Kepala Desa Sadai dimana apa yang menjadi program yang dicanangkan dengan bantuan mahasiswa KKN UBB selaras dengan program provinsi Babel dan Kabupaten Bangsel untuk menjadikan Pantai Tanjung Ru, Desa Sadai sebagai destinasi wisata.

Ia juga mengingatkan pemerintah desa apa yang telah dilakukan mahasiswa KKN ini bisa dimanfaatkan, serta menyarankan kepada Camat dan Kepala Desa Sadai, agar tahun depan meminta kepada pihak UBB mengirimkan kembali mahasiswa KKN-nya untuk mengabdi ditempat yang sama dengan program yang sama.

“Pak Kades tolong!. manfaatkan apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa UBB ini. Jangan hanya pada tahun ini saja menerima KKN mahasiswa UBB. Usahakan, dan sekarang ada pak Rektornya langsung, kasih tahu sama pak Rektornya pak Camat!.. tahun depan minta lagi, dengan tema yang sama, sehingga apa yang telah diperbuat saat ini dilanjutkan tahun depan,” pungkas Erzaldi.

Rektor UBB, Muh Yusuf sangat mengapresiasi apa yang telah diperbuat mahasiswa KKN. Dan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan institusi pemerintahan terhadap kualitas dan kemampuan mahasiswa UBB yang tidak diragukan lagi, dan dipandang sebelah mata.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Erzaldi Rosman didampingi Ibu Melati Erzaldi, Rektor UBB dan petinggi Pemerintah Provinsi Babel naik kepanggung untuk meresmikan acara dibukanya Festival Sadai Culture “Back To Nature”, dengan ditandai pemukulan Gong oleh Guberdur, serta penyerahan simbolis bibit mangrove kepada Kepala Desa, dilanjutkan dengan foto bersama.

Berbagai pertunjukan kesenian dari musik hingga tari dari berbagai daerah di nusantara disajikan dalam acara ini. Animo masyarakat dalam menonton pertunjukan tersebut cukup tinggi, hal itu terlihat dari banyaknya warga dan anak-anak yang mendekat ketenda hingga lapangan panggung menyaksikan dan mengabadikan dengan HP dan kameranya. Pertunjukan yang telah ditampilkan peserta kerap mendapat tepuk riuh para penonton.

Dikesempatan yang sama, Rektor UBB Muh Yusuf didampingi Kepala Desa Sadai M. Amir AS, meresmikan Perpustakaan dan PAUD Melati Desa Sadai, ditandai dengan pemotongan pita, serta dilanjutkan dengan penandatanganan Piagam Peresmian oleh Rektor UBB, Kepala Desa Sadai, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Ketua KKN XIV UBB. (Ags/Humas)


Topik

KKN_UBB Dr._Muhammad_Yusuf,_M.Si REKTOR_UBB
. ayar