LP3M UBB Gelar Workshop Kurikulum Prodi Berbasis Revolusi Industri 4.0

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 29 Agustus 2019 17:29 WIB | Diupdate pada 29 Agustus 2019 17:29 WIB


Foto Bersama – Wakil Rektor III Dr. Ir. Sucipto, M.T.,IPM., Ketua LPPPM Jumnahdi ST. MT., Narasumber Workshop Penyusunan Buku Pedoman Pembuatan dan Pembaharuan Kurikulum Program Studi Berbasis Revolusi Industri 4.0 Prof. Dr. Edy Cahyono M.Si dan seluruh peserta pose bersama setelah pembukaan kegiatan.

PANGKALPINANG (UBB) – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Bangka Belitung (UBB) gelar Workshop “Penyusunan Buku Pedoman Pembuatan dan Pembaharuan Kurikulum Program Studi Berbasis Revolusi Industri 4.0.” Kegiatan dilaksanakan di Hotel Puri 56 pangkalpinang selama dua hari.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor 3 Bidang Wakil Rektor III Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama Dr. Ir. Sucipto, M.T.,IPM., didampingi oleh Ketua LPPPM Jumnahdi ST. MT. di Ruang Rapat Hotel Puri 56, Kamis (29/08/2019) pagi.

Workshop merupakan kerjasama UBB dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) menindaklanjuti MoU yang telah disepakati bersama. Hadir Sebagai Narasumber Prof. Dr. Edy Cahyono M.Si dosen Universitas Negeri Semarang yang merupakan salah satu anggota tim pengembangan kurikulum nasional Kemristekdikti.

Peserta kegiatan merupakan Ketua Program Studi, Dekan, Wakil Dekan dan dosen di lingkungan UBB.

Ketua LPPPM Jumnahdi ST. MT mengatakan “Output kegiatan workshop berupa draft yang nanti akan menggantikan kerangka kurikulum yang sudah disahkan tahun 2018 lalu.”

“Mekanisme workshop yaitu akan diberikan pemaparan kurikulum 4.0 dari narasumber, kemudian LPPPM akan memaparkan draft kurikulum untuk direview oleh narasumber dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim kecil yang terdiri dari wakil dekan di lingkungan UBB. Draft yang telah ditindaklanjuti oleh tim kecil akan dikirimkan sehingga ditahun 2020 draft tersebut dapat segera disahkan,” harap Jumnahdi ST. MT.

Terdapat beberapa prodi yang kurikulum telah direview oleh LPPPM. Pada kegiatan ini akan diberi kesempatan bagi prodi untuk memaparkan kembali kurikulum dan nanti akan diberi masukan oleh narasumber.

Dalam sambutan, Prof. Dr. Edy Cahyono M.Si manyatakan “waktu dua hari tidak cukup untuk menyelesaikan kurikulum. Workshop ini mungkin akan bersifat inisiasi saja. Saya menginformasikan hal yang urgent tentang perubahan kurikulum. Nanti tergantung kepada prodi untuk pengembangan kurikulumnya”.

“Berdasarkan apa yang disampaikan oleh kepala LPPPM bahwa kurikulum ini akan mulai digunakan pada tahun 2020, berarti masih banyak cukup waktu untuk mengembangkan kurikulum. Semoga memberikan hasil yang terbaik bagi pengembangan kurikulumdi UBB dan hasil pengembangan ini nantinya akan langsung dirasakan oleh mahasiswa dan lulusan,” ujar Prof. Dr. Edy Cahyono M.Si.

Dr. Ir. Sucipto, M.T., IPM menilai kegiatan ini sangat baik untuk pengembangan prodi di UBB sebagai ujung tombak pengembangan UBB

“Arah revolusi industri 4.0 adalah digitalisasi, harapannya disemua prodi yang ada di UBB terdapat mata kuliah yang mengarah ke revolusi industri berupa digitalisasi. Contohnya seperti saat ini disetiap prodi telah ada mata kuliah kewirausahaan, mungkin nantinya didalam RPS wirausaha yang dimaksud tidak lagi secara konvensional,” ujar Dr. Ir. Sucipto, M.T.,IPM.

Target di tahun 2020 sudah ada pedoman penyusunan kurikulum yang baru. Saat ini masih menggunakan pedoman 2018, namun tidak menutup kemungkinan apabila prodi sudah mampu untuk melampaui menggunakan kurikulum Berbasis Revolusi Industri 4.0, minimal prodi menggunakan pedoman yang lama.(Ars/Humas)


Topik

LP3M
. ayar