UBB Kembangkan Kurikulum Berbasis Revolusi Industri 4.0

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 31 Agustus 2019 00:55 WIB | Diupdate pada 31 Agustus 2019 00:55 WIB


Teks Foto – Prof. Dr. Edy Cahyono M.Si narasumber Workshop Penyusunan Buku Pedoman Pembuatan dan Pembaharuan Kurikulum Program Studi Berbasis Revolusi Industri 4.0 Universitas Bangka Belitung, menjelaskan struktur kurikulum, cara mengembangkan bahan kajian hingga menjadi kurikulum berbasis revolusi industri 4.0 dihadapan peserta workshop.

PANGKALPINANG (UBB) – UBB memiliki mata kuliah yang berbasis Revolusi Industri 4.0 dengan kekhususan mata kuliah di tiap fakultas. Kurikulum yang telah ada juga sudah sesuai dengan visi dan misi UBB. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Edy Cahyono M.Si selaku narasumber Workshop Penyusunan Buku Pedoman Pembuatan dan Pembaharuan Kurikulum Program Studi Berbasis Revolusi Industri 4.0.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (Kamis-Jumat, 29-30/08/2019) di Hotel Puri 56 pangkalpinang diikuti 24 peserta perwakilan dari seluruh prodi dan fakultas di lingkungan UBB. Seluruh peserta aktif dalam diskusi.

Edy Cahyono setelah melihat pemaparan dari tiap prodi menjelaskan bahwa kurikulum UBB sudah berbasis revolusi industri, hanya perlu dirumuskan dan lebih ditajamkan. “Keterkaitan mata kuliah dengan visi misi UBB sudah ada, keterkaitan mata kuliah dengan revolusi industri 4.0 sudah ada. Mata kuliah di UBB tidak perlu diubah karena sudah sesuai dengan visi misi UBB,” ujar Edy Cahyono.

“Dari paparan yang telah dilakukan, kerangka kurikulum yang telah dibuat prodi sudah baik, hanya perlu alur dokumen dirapihkan lagi supaya lebih mudah dalam membaca dan memahaminya,” ungkap Edy Cahyono.

“Saya mohon maaf atas keterbatasan bidang keilmuan saya, karena saya tidak menguasai keilmuan lain. Secara umum saya hanya bisa menjelaskan tentang struktur kurikulum, bagaimana mengembangkan bahan kajian dan merumuskan dalam mata kuliah hingga akhinya menjadi sebuah kurikulum baru,” jelas Edy Cahyono.

“Pada akhirnya tentu kembali kepada LP3M dan prodi untuk mewujudkan kurikulum baru yang berorientasi pada revolusi industri 4.0,” tukas Edy Cahyono.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan Ketua LPPPM Jumnahdi ST. MT., menyampaikan langkah selanjutnya dari workshop kurikulum yaitu menyusun draft yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan membentuk tim kecil yang berisi perwakilan dari seluruh fakultas.

“Saat re-akreditasi, program studi membutuhkan dokumen yang bersifat mendukung perubahan kurikulum. diharapkan prodi bisa membuat berita acara yang disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan masukan dari narasumber. Sehingga LP3M hanya melampirkan absensi peserta untuk dijadikan dasar lokakarya kurikulum dan nantinya secara keilmuan prodi akan mengaitkan mata kuliah tersebut dengan mengundang pakar sesuai keilmuan prodi,” jelas Jumnahdi.

Jumnahdi menjelaskan bahwa prodi yang ingin memasukan mata kuliah khusus terkait program studi, diperbolehkan tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan program studi masing-masing dan berimplementasi kurikulum berbasis pada revolusi industri 4.0. beberapa prodi juga telah memasukan terkait teknologi secara kekinian, disamping metode pembelajarannya juga akan dilakukan dengan metode pembelajaran berbasis IT.

“Jadi hasil dari kegiatan ini merupakan kerangka kurikulum yang akan dibentuk, sedangkan secara keilmuannya nantinya diatur oleh program studi masing-masing,” ujar Jumnahdi.

Dr. Ir. Sucipto, M.T.,IPM selaku Wakil Rektor III menghimbau “untuk langkah kedepan agar segera dilaksanakan. Dalam penyusunan kurikulum diharapkan agar meminta masukan dari berbagai pihak terutama dunia industri dan para pengguna lulusan UBB.”

“Pimpinan universitas mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada LP3M yang telah menginisiasi kegiatan workshop kurikulum berbasis revolusi industri 4.0. Apresiasi setinggi-tingginya kepada narasumber, panitia dan peserta yang selama dua hari ini telah bekerja keras supaya UBB lebih berkembang dan dapat meningkatkan kualitas lulusan,” ujar Sucipto.

Diharapkan hasil dari kegiatan ini yaitu terbentuknya kurikulum yang selaras dengan visi misi UBB dan sesuai dengan kehendak pasar.(Ars/Humas)


Topik

LP3M
. ayar