Prodi Biologi Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 19 September 2019 08:49 WIB | Diupdate pada 19 September 2019 08:49 WIB


Foto Bersama -- Prof. Dr. Ramadanil M.Si Narasumber kegiatan Manajemen Pengelolaan Herbarium serta Pelatihan dan Uji Kompetensi Pose Bersama Wadek I FPPB Wahyu Adi, S.Pi, M.Si, Dosen dilingkungan FPPB serta Peserta Setelah Pembukaan Kegiatan di ruang seminar Gedung Daya FPPB UBB, Rabu (18.09/2019) pagi.

Balunijuk (UBB) – Program Studi (Prodi) Biologi Universitas Bangka Belitung (UBB) undang Guru Besar Taksonomi dari FMIPA Jurusan Biologi Universitas Tadalako, Prof. Dr. Ramadanil M.Si sebagai narasumber sekaligus penguji dalam kegiatan Manajemen Pengelolaan Herbarium serta Pelatihan dan Uji Kompetensi.

Kegiatan dilaksanakan selama empat hari dimulai hari Rabu hingga Sabtu (18-21 September 2019) di Gedung Daya dan Ruang Herbarium Bangka Belitungense Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) UBB.

Rangkaian Kegiatan diawali dengan Kuliah Umum yang bertajuk “Biodiversitas Tumbuhan, Manfaat Tantangan dan Botanist Indonesia” di ruang seminar Gedung Daya FPPB UBB, Rabu (18.09/2019) pagi.

Kegiatan Manajemen Pengelolaan Herbarium serta Pelatihan dan Uji Kompetensi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPPB, Wahyu Adi, S.Pi, M.Si dihadapan peserta Workshop, Pelatihan dan uji kompetensi.

“Workshop Manajemen Pengelolaan Herbarium di UBB baru pertama kali ini di laksanakan, mungkin pertama kali juga di Bangka Belitung, ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi fakultas terutama Prodi Biologi menjadi Pioner dalam hal Herbarium,” ujar Wahyu Adi.

“Dekanat mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber yang telah jauh-jauh datang dari Palu ke kampus UBB, untuk melatih atau berbagi ilmu kepada UBB, khususnya kepada mahasiswa UBB,” ucap Wahyu Adi.

Kuliah Umum -- Prof. Dr. Ramadanil M.Si memberikan materi tentang Biodiversitas Tumbuhan, Manfaat Tantangan dan Botanist Indonesia dihadapan peserta kuliah umum (dosen, mahasiswa dan umum) di ruang seminar Gedung Daya FPPB UBB.

Dr. Eddy Nurtjahya, M.Sc selaku Ketua Prodi Biologi dalam laporan menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan yaitu untuk peningkatan kapasitas mahasiswa. “Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi, khususnya bagi mahasiswa,” ujar Eddy Nurtjahya.

“Peserta Pelatihan dan Uji Kompetensi tidak hanya untuk mahasiswa dan internal UBB, namun kami juga mengundang pihak luar untuk berpartisipasi dalam pelatihan dan uji kompetensi, peserta dibatasi 15 orang agar ilmu dapat terserap dengan baik,” lanjut Eddy Nurtjahya.

“Herbarium (material tumbuhan yang telah diawetkan) UBB, di Ruang Herbarium Bangka Belitungense sudah ada sejak tahun 2007 tetapi masih sedikit jumlahnya, padahal jika herbarium dikembangkan, bisa menjadi aset bagi jurusan maupun bagi universitas,” ujar Eddy Nurtjahya.

Dalam kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi dan menambah pengalaman.(Ars/Humas)


Topik

FPPB_UBB Biologi_UBB
. ayar