Tumbuhkan Jiwa Pengusaha, Program Studi Agribisnis Bangga Gelar Agrifest 2019

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 24 September 2019 12:26 WIB | Diupdate pada 24 September 2019 12:28 WIB


Sesi Pemotongan Pita Simbolis oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik UBB didampingi Ketua LPPM, Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaa, Dosen-dosen beserta Staf-staf Program Studi Agribisnis.

MERAWANG, UBB - Program Studi Agribisnis menyelenggarakan Opening Ceremonial Agrifest 2019 yang bertajuk “Agripreneur lead for the future” di Lapangan Bazar, Halaman Depan UPT Perpustakaan Universitas Bangka Belitung, Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Senin pagi (23/9/19).

Acara ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Nizwan Zuhri, S. E., M. M., dengan memotong pita simbolis berwarna merah muda yang telah disiapkan oleh panitia. Selain Beliau, Dr. Fournita Agustina, S. P., M. Si. selaku Ketua LPPM, Wahyu Adi, M. Si selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dosen-dosen serta Staf-staf Program Studi Agribisnis, dan Perwakilan Organisasi Mahasiswa turut memeriahkan acara ini.

Agrifest sendiri merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, Universitas Bangka Belitung. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan jiwa pengusaha di kalangan petani umumnya dan kalangan mahasiswa khususnya. Tahun 2019 menjadi tahun kedua diselenggarakannya Agrifest, dimana tahun pertama penyelenggaraannya adalah tahun 2018.

Terhitung sejak Senin, 23 September 2019 hingga Jum’at, 27 September 2019, Agrifest 2019 akan berlangsung selama 5 hari. Diawali dengan Opening Ceremonial pada hari pertama, Lomba Fashion Show Daur Ulang pada hari kedua, Kuliah Umum pada hari ketiga, Pengenalan Jurusan pada hari keempat, dan diakhiri dengan Jalan Santai pada hari kelima. Di sela-sela acara tersebut, Agrifest 2019 juga menghadirkan pameran stan di area panggung utama.

Berbagai macam pihak terlibat dalam pameran stan ini, antara lain Pusri Mart, Rov Wood and Resin Craft, Alwa Service Center, Decrast Project, Mahasiswa Akuakultur, Peserta BPC Agrifest 2019, Sekuter Kopi, Halal Mart HPAI, Hairul, dan Mahasiswa Agribisnis.

Sesi Foto Bersama Peserta Business Plan Competition Agrifest 2019 bersama Dewan Juri.

Sebelumnya, pada Kamis, 19 September 2019, telah berlangsung presentasi ide bisnis dari rangkaian Business Plan Competition Agrifest 2019 di Ruang Seminar, Gedung Semangat, Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, Universitas Bangka Belitung. Acara ini diikuti oleh 5 peserta yang merupakan finalis yang berasal dari sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di se-Pulau Bangka. Tidak main-main, penjurian untuk proposal dan presentasi dari Business Plan Competition Agrifest 2019 ini dilakukan oleh Dr. Fournita Agustina, S. P., M. Si selaku Dosen Program Studi Agribisnis, Zamzani, S. Sos. selaku Pengusaha Bangka Belitung, dan Hastuti, S. H. selaku Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Novyandra Ilham Bahtera, atau yang kerap disapa Andra, selaku Koordinator Penyelenggara Agrifest 2019 telah mempersiapkan acara selama kurang-lebih 4 bulan. “Persiapan efektifnya empat bulan, karena sempat ada libur panjang semester genap selama dua bulan. Komposisi dari kepanitiannya sekitaran lima puluh banding lima puluh antara panitia tahun lalu dengan panitia tahun ini, agar ada proses regenerasi untuk Agrifest 2020. Agrifest 2019 sendiri ditujukan agar mahasiswa dapat menunjukkan produk atau jasa, baik mahasiswa agribisnis maupun mahasiswa selain agribisnis, bahkan mahasiswa di luar UBB (Universitas Bangka Belitung) ataupun pihak-pihak swasta, mulai dari hulu hingga hilir, serta penunjang. Selain itu, Agrifest 2019 juga ditujukan agar mahasiswa mampu berperan aktif dalam menghadapi tantangan terhadap jaminan kedaulatan pangan, serta untuk memupuk jiwa entrepreneur yang bermental, moral, dan intelektual di era revolusi industri 4.0,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, Andra tidak sendiri. Ia dibantu oleh Sumarko, Ketua Pelaksana Agrifest 2019 sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Agribisnis Periode 2018-2019. Saat diwawancarai, Sumarko mengaku cukup kesulitan dalam mempersiapkan acara. “Saya merasa persiapan acara ini cukup susah. Akan tetapi, karena panitianya aktif berkontribusi dan adanya dukungan dari pihak prodi, segala sesuatu yang susah akan terasa lebih mudah. Untuk persiapannya sendiri, kepanitiaan sudah dibentuk dari Februari, dan sudah mulai bekerja mengantarkan proposal di sela-sela waktu liburnya. Alhamdulillah, perjuangan mereka tidak sia-sia. Banyak pihak yang bersedia menjadi sponsor kami, yakni Bank Indonesia, PT. Pupuk Sriwijaya, Balai Karantina Pertanian Pangkalbalam, Bolesa, Abdilla Konveksi, Icon +, dan Bumida. Sehingga akhirnya, kami bisa melaksanakan acara yang cukup membanggakan untuk skala prodi.”

Menutup sambutannya, Sumarko berharap, “Semoga Agrifest 2020 bisa lebih baik dari yang sekarang.” (red. Annisa Pradnya P/Humas)


Topik

Wakil_Rektor_I_UBB Agribisnis_UBB FPPB_UBB
. ayar