Rivanka Alando Juara Pertama UBB Idol 2019

Penulis: Editor | Ditulis pada 27 September 2019 08:08 WIB | Diupdate pada 27 September 2019 08:08 WIB


TROPI JUARA --  Rektor UBB Muh Yusuf menyerahkan tropi kepada Rivanka F Alando yang terpilih sebagai juara pertama UBB Idol 2019 di Kampus UBB Balunijuk Merawang, Kamis (26/09/2019) petang.

MERAWANG, UBB --  Universitas Bangka Belitung (UBB) Idol Kamis (26/09/2019) siang berakhir. Terpilih sebagai juara pertama Rivanka F Alvando, siswa SMA Negeri 4 Pangkalpinang

Rivanda yang membawakan lagu Cinta karena Cinta,  unggul atas sembilan finalis lainnya.   Dia ‘dipepet’ Bastian William, mahasiswa Fakultas Hukum UBB, juara kedua UBB Idol.

Juara ketiga diraih Zahra Aulia, siswi SMP Negeri 7 Pangkalpinang. Tim juri yang  diketuai Dian Kaseba ‘mendapuk’   Nadia Caprina sebagai juara favorit UBB Idol.

“Baik warna suara maupun  penguasaannya  lagu memukau tim juri.  Nadia sangat  layak menyandang  juara favorit,” ujar Dian Kaseba menilai penampilan Nadia, mahasiswi Jurusan Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi, Kamis petang.

Seluruh juara mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Namun khusus untuk  juara pertama, tidak diperkenankan ikut UBB Idol tahun depan. Sesuai aturan, dia akan tampil sebagai bintang tamu.

UBB Idol berlangsung 25-26 September  di Kampus UBB Balunijuk, Merawang, Bangka, merupakan salah satu  bagian  dari acara  Art Zone ke 4. 

Mengusung jargon ‘Kreativitas Tanpa Batas’, even tahunan ini digelar bersama antara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gemma Harmoni (musik)  dengan UKM Koper (fotograpi) UBB.

Jumlah pendaftar UBB Idol 2019 menurut Ketua Pelaksana Art Zone ke 4 Fiji Pratama,   25 orang.  Karena   empat peserta berhalangan hadir,  hanya 21 peserta yang ikut kompetisi.

“Sebanyak 10 peserta masuh ke final.  11 peserta lainnya tereliminasi,” terang Fiji, didampingi Ketua UKM Gemma Harmoni UBB Ahmad Kurniandar dan Ketua UKM Koper Bagas Ramadanu.    

Art Zone ke 4  bertemakan ‘Potret Euphoria dalam Merajut Kreativitas’ ditutup secara resmi oleh Rektor UBB Dr Muh Yusuf MSi, didampingi Kepala  Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UBB Hesti,  dan  Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Gemma Harmoni Eddy Jajang J Atmaja.

Dalam penutupan Art Zone ke 4 --  yang dihadiri puluhan  mahasiswa UBB dan suporter peserta --,  rektor mengucapkan selamat  atas prestasi yang diraih kepada para  juara, dan ucapan terimakasih baik  kepada seluruh peserta, tim juri,   maupun  panitia Art Zone ke 4.

“Selaku rektor, saya memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang terlibat dalam  Art Zone ke 4.  Karena di tengah kesibukan menjalani kuliah, masih  membagi waktu  untuk berkesenian dan mengasah keterampilan fotograpi,” ujar Muh Yusuf.

Kesenian itu sendiri lanjut rektor sangat perguna dan penting, baik ketika menjalani kehidupan akademik maupun  bermasyarakat.  Melalui seni, kata rektor  hidup menjadi lebih mudah dan indah.

“Lewat seni, kita hidup saling menyayangi satu sama lainnya.  Seni menjadikan hidup lebih indah,” ujar Muh Yusuf.

Oleh karena itu rektor menilai Art Zone  akan terus digelar, dan  bahkan diminta untuk  ditingkatkan kualitas dan skala  penyelenggaraanya  pada tahun-tahun mendatang.

“Tahun depan, kita akan bersinergi dengan Pemda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Skala UBB Idol  akan lebih luas lagi; se Kepulauan Bangka Belitung.   Akan ada tropi bergilir dari gubernur dan rektor,” ujar Muh Yusuf.

 “Kita mengupayakan agar lokasi  UBB Idol  di  gedung  yang berkapasitas tampung penonton cukup banyak, seperti di gedung pertemuan PT Timah,” sambung Muh Yusuf.

Upaya untuk meningkatkan skala  UBB Idol se Bangka Belitung mendapat tanggapan positif dari panitia Art Zone ke 4.  Pasalnya di kalangan pecinta seni suara, UBB Idol menjadi salah satu even yang dinanti-nantikan karena menjadi salah satu tolok ukur berkesenian di daerah ini.

Usai menutup Art Zone ke 4,  panitia mempersilakan grup band indie Sisi Lain dan POSM (Panjang Umur Serta Mulia) menghibur penonton.  Band Sisi Lain membawakan  lagu ciptaan mereka sendiri yang berjudul  ‘Kalis’ dan ‘Sejarah Merah’ (Eddy Jajang Jaya Atmaja)

Formasi Juara UBB Idol 2019

Juara 1: Rivanka F Alando (Siswa SMAN IV Pangkalpinang)

Juara 2: Bastian William (mahasiswa Fakultas Hukum UBB)

Juara 3:  Zahra Aulia Wulandari (SMP Negeri 7 Pangkalpinang)

Favorit:  Nadia Cafrina (Mahasiswa Prodi Sumberdaya Perairan UBB).


Topik

Mahasiswa REKTOR_UBB UKM_UBB
. ayar