FISIP UBB Selenggarakan Workshop Kewirausahaan dan Bisnis UKM Berbasis Komunitas

Penulis: Editor | Ditulis pada 21 Oktober 2019 21:23 WIB | Diupdate pada 21 Oktober 2019 21:23 WIB


MERAWANG, UBB - FISIP UBB menyelenggarakan workshop kewirausahaan dan bisnis UKM berbasis komunitas  yang bertemakan “membangun spirit  kewirausahaan Mahasiswa FISIP Universitas Bangka Belitung”. Acara yang digagas guna mendorong sekaligus memotivasi mahasiswa untuk berwirausaha tersebut diselenggarakan di Ruang Seminar FISIP UBB.

Bahjatul Murtasidin, M.Si yang merupakan dosen Ilmu Politik FISIP UBB didaulat sebagai pembicara. Selainnya, Cristianingrum, S.Pd, MM. yang juga merupakan dosen di Fakultas Ekonomi UBB turut menjadi pembicara pada acara tersebut. Terakhir, Evan Breco sebagai owner Warjo didapuk menjadi pembicara terakhir untuk berbagi pengalamannya dalam merintis dunia usaha pada mahasiswa FISIP UBB. Sementara itu, Dr. Ibrahim, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan yang pesertanya merupakan mahasiswa lintas jurusan di FISIP UBB tersebut.

Dalam sambutannya, Dr. Ibrahim, M.Si menyampaikan dukungan dan perhatian besar kampus khususnya FISIP UBB dalam mendorong dan mengembangkan program-program kewirausahaan. Selanjutnya, dengan memberikan gambaran kehidupan pegawai pemerintahan yang pemenuhan kebutuhannya sepenuhnya disandarkan pada upah yang terbatas dari negara, Ibrahim mendorong agar mahasiswa untuk memiliki semangat interpreneurship sembari tetap profesional secara keilmuan.

Bahjatul Murtasidin selaku pembicara pertama menjelaskan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang besar bahkan duduk di peringkat keempat sebagai penduduk terbesar di dunia, selain merupakan tantangan sebab menempatkan indonesia sebagai negara kedua di kawasan ASEN dengan jumlah pengangguran terbanyak di bawah Filpina, hal ini juga di pandang sebagai potensi besar untuk dimanfaatkan secara maksimal khususnya bagi pengembangan dunia usaha. Lebih lanjut Bahja menekankan pentingnya berwirausaha bagi mahasiswa mengingat semakin sengitnya persaingan kerja akibat membludaknya angkatan kerja di satu sisi dan terbatasnya lapangan kerja disisi yang lain.

Senada dengan itu, Cristianingrum menjelaskan bahwa komposisi pengangguran terbesar di Provinsi Bangka Belitung justru berasal dari masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan Diploma keatas. Karena itu, menurutnya, menggali serta mengembangkan ide serta kreatifitas berwirausaha dikalangan mahasiswa menjadi sangat penting. Diharapkan dengan jalan tersebut mahasiswa mampu untuk menciptakan usaha secara mandiri bahkan menciptakan lapangan kerja.

Pada sesi terakhir, Evan Breco menegaskan perlunya mental serta keberanian bagi mahasiswa untuk mulai merintis usaha. Dengan semakin dinamisnya persaingan dunia usaha yang tidak sedikit menyebapkan gagalnya para wirausahan baru, Evan menekankan pentingnya perubahan mindset, ide yang kreatif, serta strategi untuk mengarungi dunia berwirausaha. (red.FISIP/Humas)


Topik

Dr._Ibrahim,_S.Fil.,_M.Si FISIP_UBB
. ayar