Jurnal Society Terakreditasi SINTA 2, FISIP UBB Adakan “Syukuran”

Penulis: Editor | Ditulis pada 21 Oktober 2019 21:20 WIB | Diupdate pada 21 Oktober 2019 21:20 WIB


Acara “Syukuran” dengan pemotongan kue  yang bertuliskan “Society, SINTA 2” oleh Dekan FISIP Dr. Ibrahim, M.Si., berserta Dosen serta Tenaga Kependidikan sebagai wujud penghargaan kepada pengelola jurnal Society, bertempat di ruang pertemuan FISIP Gedung Babel I, Kampus Terpadu UBB,  Jum’at (18/10) pagi.

MERAWANG, UBB - Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Rekayasa Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bangka Belitung, mendapatkan Peringkat Akreditasi 2 (SINTA 2).

Akreditasi tersebut berdasarkan salinan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 28/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode V tahun 2019, tertanggal 26 September 2019.

Hal ini menjadikan Society merupakan satu-satunya jurnal ilmiah di lingkungan Universitas Bangka Belitung, bahkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang memiliki peringkat akreditasi SINTA 2.

Sebagai rasa syukur atas pencapaian tersebut, FISIP Universitas Bangka Belitung mengadakan “Syukuran”, yang diadakan pada hari Jum’at (18/10/2019), atas pencapaian Society menjadi jurnal ilmiah dengan akreditasi SINTA 2 dengan melibatkan seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan FISIP Universitas Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, Society telah mendapatkan peringkat akreditasi SINTA 2, berkat perjuangan dari rekan-rekan editor. Pencapaian ini merupakan buah kerja keras dari editor dalam menjalankan manajemen jurnal, mutu naskah, serta berkolaborasi dengan Penulis, editor serta Reviewer, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Proses inilah yang memiliki peran terhadap kualitas jurnal.” Ungkap Herdiyanti, Editor in Chief Society.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dekan FISIP Universitas Bangka Belitung yang telah memberi dukungan terhadap keberlangsungan jurnal Society. Kedepan, Society memiliki harapan untuk menjadi jurnal internasional bereputasi tinggi.” tambah Herdiyanti.

FISIP Universitas Bangka Belitung memiliki 5 jurnal ilmiah diantaranya:

  1. Society (https://society.fisip.ubb.ac.id/index.php/society)
  2. Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities (https://berumpun.ubb.ac.id/index.php/BRP)
  3. Lire: Journal of Linguistics and Literature (http://lirejournal.com/ojs/index.php/LRJ)
  4. JPI: Journal of Political Issues (http://jpi.ubb.ac.id/index.php/JPI)
  5. Scripta: Jurnal Ilmiah Mahasiswa (http://scripta.fisip.ubb.ac.id/index.php/scripta)

“Saya mengharapkan jurnal Lire dapat mengajukan akreditasi pada akhir tahun ini, karena sudah memenuhi syarat akreditasi. Jurnal Berumpun baru bisa mengajukan akreditasi pada bulan April 2020, sedangkan JPI dan Scripta diharapkan sudah terakreditasi pada tahun 2021.” jelas Dr. Ibrahim, M.Si., yang juga menjabat sebagai Dekan FISIP Universitas Bangka Belitung.

Dalam kesempatan ini, Dr. Ibrahim, M.Si., memaparkan aturan PAK DIKTI terbaru bagi dosen di lingkungan FISIP Universitas Bangka Belitung, yang dilanjutkan oleh pemaparan mekanisme pengusulan jabatan fungsional oleh Sujadmi, M.A, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FISIP Universitas Bangka Belitung.

Acara “Syukuran” ditutup dengan seremoni pemotongan kue yang bertuliskan “Society, SINTA 2” sebagai wujud penghargaan kepada pengelola jurnal Society, serta acara makan bersama seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FISIP Universitas Bangka Belitung. (red.FISIP/Humas)


Topik

Dr._Ibrahim,_S.Fil.,_M.Si FISIP_UBB
. ayar