Jurusan Teknik Pertambangan UBB Adakan Diklat Mine Plan and Design

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 23 Oktober 2019 19:16 WIB | Diupdate pada 23 Oktober 2019 22:58 WIB


MERAWANG, UBB - Jurusan Teknik pertambangan Fakultas Teknik (FT) Universitas Bangka Belitung (UBB), Gelar Mine plan and design sebagai wujud kerja sama dengan PPSDM Geominerba, yang dihelat di ruang Akustik Gedung Timah I, Kampus Terpadu UBB, Rabu (23/10) pagi.

Dekan Fakultas Teknik, Wahri Sunanda ST.,M.Eng ., dalam sambutannya menegaskan pentingnya perencanaan untuk mencapai hasil yang ditargetkan.

“Perencanaan tambang merupakan suatu proses menentukan desain tambang dan tahapan pelaksanaan operasi penambangan guna mencapai hasil yang optimal,” ujar Wahri.

kerja sama yang telah dilakukan dengan PPSDM Geominerba merupakan suatu langkah yang ditempuh untuk semakin mengembangkan pembelajaran bagi mahasiswa di Jurusan Teknik Pertambangan UBB, baik yang masih aktif maupun dari alumni  jurusan teknik pertambangan.

Selain memiliki penguasaan teori yang didapat di ruang kelas, dibutuhkan wadah menerapkan teori tersebut dalam bentuk praktek secara langsung. Sehingga sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan sesuai dengan permintaan kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan/industri disektor pertambangan sudah benar-benar terlatih.

"Perusahaan di sektor pertambangan membutuhkan perencanaan matang guna mencapai tujuan usahanya. Bukan hanya fokus langsung pada eksekusi, perencanaan juga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) unggulan untuk mampu melihat segala kemungkinan hingga penyusunan rencana kerja dan hasil. melihat hal ini maka Civitas Akademika jurusan teknik pertambangan UBB Akan terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pelatihan maupun kegiatan studi lapangan secara langsung di lapangan bekerja sama dengan berbagai instansi seperti PPSDM Geominerba maupun perusahaan tambang yang ada di Bangka Belitung Khususnya maupun perusahaan di provinsi lain," ujar Janiar Pitulima selaku Kajur Teknik Pertambangan FT UBB.

Adriel Aritonang selaku perwakilan Pihak PPSDM Geominerba, dalam sambutannya menegaskan Pengembangan SDM ini menjadi perhatian PPSDM Geominerba untuk menciptakan SDM andal terkait perencanaan tambang melalui Diklat Mine Planning.

“Dalam kegiatan pertambangan, perencanaan tambang merupakan proses persiapan secara sistematik mengenai kegiatan penambangan yang akan dilaksanakan. Perencanaan tambang dapat dijadikan sebagai panduan utama dari seluruh kegiatan penambangan guna mencapai kegiatan penambangan yang efektif, efisien, produktif dan aman, " tuturnya

Bekerja sama dengan PPSDM Geominerba, diklat kali ini diikuti 25 peserta yang berasal dari Mahsiswa Teknik pertambangan UBB dan Universitas Sriwijaya. (red.Sd/Humas)


Topik

Teknik_Pertambangan_UBB Fakultas_Teknik_UBB
. ayar