UBB Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-91

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 28 Oktober 2019 14:23 WIB | Diupdate pada 28 Oktober 2019 14:23 WIB


MERAWANG, UBB - Jumat (28/10) pagi, segenap sivitas Universitas Bangka Belitung (UBB) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 di halaman Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB.  Upacara ini dipimpin langsung oleh Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi.,  dan dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro/Lembaga/UPT, Dosen, Tenaga Kependidikan, serta perwakilan Mahasiswa di lingkungan UBB.

Dalam pidatonya, Muh Yusuf selaku pembina upacara membacakan langsung naskah pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali yang menjelaskan bahwa peringatan dari sumpah pemuda kali ini mengangkat tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih majum,” ucap Menpora.

Menyambung amanah Menpora, Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” pesannya.

Melalui Hari Sumpah Pemuda ini, Menpora mengatakan bahwa semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

Hari ini adalah momentum yang tepat untuk membangkitkan kembali semangat para pemuda Indonesia untuk memajukan bangsa ini melalui sumbangsih pemikirannya, serta selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita.

Usai upacara, Rektor UBB beserta jajaran pimpinan Rektorat dan Fakultas ramah tamah diikuti seluruh peserta upacara, sekaligus foto bersama. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB REKTOR_UBB
. ayar