Himabio FPPB UBB Kembali Adakan Biologi Zone Ke-5

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 18 November 2019 15:18 WIB | Diupdate pada 18 November 2019 15:18 WIB


Potong Tumpeng - Wakil Rektor I Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., memotong tumpeng diacara pembukaan Biology Zone 5rd, bertempat dihalaman Gedung Daya FPPB, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk.

MERAWANG, UBB - Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali mengadakan kegiatan tahunan yakni Biology Zone 5rd dengan mengusung tema “Citizen Interaction For The Biolocal Environment”, bertempat dihalaman Gedung Daya FPPB, Kampus Terpadu UBB, Senin (18/11) pagi.

Kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan eksistensi Jurusan Biologi FPPB kepada masyarakat disambut baik oleh pihak Dekanat dan Rektorat UBB. Selain membentuk generasi yang unggul, kreatif, dan berkarakter, serta berwawasan luas dengan mengedepankan nuansa akademisi dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Rangkaian acara Biologi zone ke-5 ini pun dituangkan dalam 8 (delapan) konsep kegiatan diantaranya; Olimpiade Biologi, Open Laboratory, Pengabdian Masyarakat, Bio Islami, Lomba Pilah Sampah, Stand Biozone, Lomba Cerdas Cermat, serta bakti sosial, dimana rangkaian kegiatan akan melibatkan siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA, serta masyarakat sekitar.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari kedepan (18 - 22/11) dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., yang dihadiri Dekan FPPB, Dr. Tri Lestari, SP., MSi., Dosen dan Staf Jurusan Biologi, Mahasiswa Jurusan Biologi, tamu undangan serta peserta lomba Biologi zone ke-5.

Ketua Pelaksana, Ciantri Herafi memaparkan bahwa konsep Biologi Zone Tahun ini melibatkan unsur masyarakat dan siswa dari tingkat SD sampai dengan tingkat SLTA, serta mewujudkan Tri Dharma Pendidikan, dengan berbagai eksistensinya untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Harapan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan Biologi kepada seluruh aktifitas akademik di Bangka Belitung khususnya siswa, dan juga memperkenalkan Jurusan Biologi kepada masyarakat, serta Biologi juga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Andiansyah mewakili sambutan Ketua Himabio FPPB, bahwa selain wadah promosi untuk memperkenalkan Jurusan Biologi kesemua elemen pendidikan maupun masyarakat dengan berinteraksi langsung dengan seluruh elemen, juga sebagai wadah menyalurkan bakat siswa dibidang Biologi.

“Kegiatan ini memang utamanya adalah bagaimana kami membangun interaksi antara kamai dengan masyarakat, apalagi di zaman industri 4.0. sangat menekankan apa yang kita miliki itu bisa berdampak pada masyarakat,” tutupnya.

Sementara Itu, Nur Annis Hidayati, SSi., MSc., mewakili sambutan Ketua Prodi Biologi FPPB, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Himabio kali ini sudah mewadahi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ia juga berharap dalam kegiatan serupa dapat dikonsep unsur penelitian kedepannya, serta kualitas kegiatannya dapat lebih meningkat dari tahun ketahun.

Wakil Rektor I Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., menyampaikan ada perbedaan kegiatan yang dilakukan Himabio FPPB, dimana tingkat partisipasi peserta dari berbagai rangkaian kegiatan yang disusun oleh panitia memadukan unsur pendidikan dari tingkat SD, SLTP, SLTA, serta elemen masyarakat.

Nizwan mengharapkan melalui Biologi Zone ke-5 ini, semakin memperkenalkan Jurusan Biologi UBB ke masyarakat luas. Tidak hanya itu, Ia juga memaparkan kepada tamu undangan serta peserta yang hadir terhadap prestasi mahasiswa UBB yang dari tahun-ketahun sudah mampu bersain ditingkat nasional maupun internasional, dan mengajak para pelajar lulusan SLTA untuk bergabung dan menentukan pilihannya ke UBB.

Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang turut mensukseskan acara ini, diantaranya pihak Rektorat UBB, Dekanat FPPB, dan para donatur. (Ags/Humas)


Topik

FPPB_UBB Biologi_UBB Wakil_Rektor_I_UBB
. ayar