Perkuat Sinergi, Rektor UBB Kunjungi UNHAN

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 19 Desember 2019 16:30 WIB | Diupdate pada 19 Desember 2019 16:30 WIB


Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., beserta rombongan, foto bersama dengan Wakil Rektor III UNHAN, Mayor Jenderal TNI Dr. Hipdizah, S.Adm., M.Si., beserta jajarannya, bertempat di depan Gedung Rektorat Kampus Bela Negara, Komplek-IPSC Sentul.

BOGOR, UBB – Para Pimpinan Universitas Bangka Belitung (UBB) menyambangi Universitas Pertahanan (UNHAN). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama yang pernah ditandatangani oleh kedua belah pihak pada Tahun 2017.

Rombongan diterima langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama dan Kelembagaan UNHAN, Mayor Jenderal TNI Dr. Hipdizah, S.Adm., M.Si., diruang tamu Rektor UNHAN, Gedung Rektorat Kampus Bela Negara, Komplek-IPSC Sentul, Selasa (17/12) pagi.

Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., didampingi oleh, Wakil Rektor I  Dr. Nizwan Zukhri, S.E., M.M, Wakil Rektor II Dr. Sri Rahayu, S.H.,M.H., Wakil Rektor III  Dr. Ir. Sucipto,M.T., IPM., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si., Dekan Fakultas Hukum Dr. Dwi Haryadi, S.H.,M.H, dan Kasubbag. Kerma dan Humas UBB Agus Susanto, S.Pd.I., menjelaskan dirinya bersama rombongan selain menjalin silaturahmi yang sudah terjalin antara UBB - UNHAN sebelumnya, juga memantapkan kerja Sama yang akan digagas oleh kedua belah pihak kedepannya.

Wakil Rektor III UNHAN beserta jajarannya menyambut baik atas kunjungan dari rombongan UBB yang dipimpin langsung oleh Rektor UBB Dr. Ir. Muh. Yusuf, M.Si. Dalam penyambutannya Wakil Rektor III UNHAN, Mayor Jenderal TNI Dr. Hipdizah, S.Adm., M.Si., mengucapkan terimakasih dan merupakan suatu kehormatan atas kunjungan dari pihak UBB.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UBB berharap kerja sama ini segera ditindaklanjuti dengan program-program yang ada di masing-masing Fakultas maupun lembaga. Ia juga menambahkan peran UNHAN sangat strategis dan dapat mendukung program pendidikan yang diselenggarakan UBB terutama di bidang Hukum Pertahanan, Kajian Lingkungan Strategis dan penguatan Karakter Bela Negara yang dapat diterapkan pada Fakultas Fisipol dan Fakultas Hukum, hal ini dinilai sangat penting terkait dengan potensi sumber daya alam di wilayah Bangka Belitung.

Sementara itu, Dekan FISIP UBB Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si., menyampaikan UBB dan UNHAN perlu mengembangakan suatu pusat studi dan riset bersama terhadap hal-hal yang berkaitan dengan menjaga potensi sumber daya alam wilayah Bangka Belitung serta pengembangganya.

Ia juga menambahkan, pentingnya kerjasama dengan UNHAN tidak hanya sekedar peningkatan tridharma perguruan tinggi saja, namun dari segi pertahanan juga perlu menjadi perhatian khusus, menginggat Provinsi Babel merupakan daerah kepulauan dengan masyarakat yang majemuk, tentunya antisipasi keamanan dan pertahanan perlu mendapat perhatian oleh kita semua.

Beberapa hal yang didikusikan pada kunjugan ini meliputi program bela negara bagi generasi milenial dan tenaga didik, sistim rekutment peserta Magister Pascasarjana dan Doktoral Ilmu Pertahanan UNHAN dan Riset.

Terkait dengan penerimaan calon peserta didik Unhan periode TA.2020, Kepala Biro Akademik Unhan Brigadir Jenderal TNI Dr. Yusuf, S.Sos. M.M.,menjelaskan untuk penerimaan TA.2020 diprioritaskan peserta didik Unhan memiliki tingkat intelektual (IQ) diatas 120, serta toefl diatas rata-rata 525.

Dikegiatan tersebut juga diadakan penyerahan souvenir dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dengan terjalinnya kerja sama ini diharapkan akan memberikan manfaat yang besar baik bagi kedua institusi kedepannya. (Ags/Humas)


Topik

MOU_KERJASAMA
. ayar