Jurusan Sosiologi FISIP UBB Terima Kunjungan Studi Banding Jurusan Sosiologi FISIP UNSRI

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 13 Januari 2020 23:35 WIB | Diupdate pada 13 Januari 2020 23:35 WIB


MERAWANG, UBB - Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UBB) menerima kunjungan dari Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya (FISIP UNSRI) yang dilaksanakan di Ruang Seminar, Gedung Babel 1 Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung, Jumat, 10 Januari 2020.

Kunjungan dosen, pengelola laboratorium dan mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UNSRI ke Universitas Bangka Belitung dalam rangka kegiatan Studi Banding dan Diskusi Mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan atmosfer akademik Jurusan Sosiologi FISIP UNSRI. Agenda kunjungan ini diantaranya diskusi perihal kegiatan akademik, laboratorium Sosiologi, pengelolaan jurnal ilmiah, dan organisasi himpunan mahasiswa.

Kunjungan dari dosen dan mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UNSRI ini disambut oleh Dekan FISIP UBB Dr. Ibrahim, M.Si., didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan/Plt. Ketua Jurusan Sosiologi FISIP UBB, Sujadmi, M.A. serta seluruh dosen Jurusan Sosiologi FISIP UBB.

Dalam sambutannya, Dr. Ibrahim, M.Si. menyampaikan selamat datang kepada perwakilan Jurusan Sosiologi FISIP UNSRI di Bumi Serumpun Sebalai, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dekan FISIP UBB mengucapkan terima kasih telah berkunjung ke Jurusan Sosiologi FISIP UBB sembari memperkenalkan dosen-dosen Jurusan Sosiologi FISIP UBB. Secara historis dan sosiologis, FISIP UBB dan FISIP UNSRI memiliki kedekatan. “UBB masih ada sejarahnya dengan UNSRI, salah satunya adalah perbantuan dosen pembimbing ketika di awal jurusan Sosiologi UBB berdiri”, jelas Ibrahim.

Selanjutnya secara singkat Ibrahim menjelaskan perkembangan terkini Universitas Bangka Belitung khususnya FISIP UBB. UBB saat ini sudah memiliki 1 Guru Besar dan itu adalah dari Jurusan Sosiologi FISIP UBB. Kemudian beliau memperkenalkan FISIP UBB secara singkat dimulai dari tahun berdirinya, program studi yang ada di FISIP UBB beserta akreditasi, Laboratorium Rekayasa Sosial, hinga organisasi himpunan mahasiswa. Selain itu, FISIP UBB memiliki 5 jurnal ilmiah, salah satunya adalah jurnal ilmiah khusus tulisan mahasiswa. Ada 2 jurnal yang telah terakreditasi, Society dari Jurusan Sosiologi, terakreditasi Sinta 2 dan DOAJ, serta Jurnal Lire dari Jurusan Sastra Inggris yang terakreditasi Sinta 4. “Kami berharap dalam kunjungan ini akan banyak memberikan manfaat baik itu bagi FISIP UNSRI maupun FISIP UBB. Di lain waktu, FISIP UBB akan mengadakan kunjungan balasan ke FISIP UNSRI”, tutup Ibrahim.

Perwakilan Jurusan Sosiologi FISIP UNSRI, Dr. Ridhah Taqwa menyampaikan terima kasih atas penyambutan dari FISIP UBB sembari memperkenal dosen-dosen Jurusan Sosiologi FISIP UNSRI beserta mahasiswa yang turut hadir dalam kujungan tersebut. Tujuan kedatangan Sosiologi Fisip UNSRI ke FISIP UBB adalah ingin berbagi ilmu, dan sharing dengan FISIP UBB terutama dalam hal kegiatan akademik, laboratorium Sosiologi, pengelolaan jurnal ilmiah, dan organisasi himpunan mahasiswa. “Dari segi lingkungan, tidak ada perbedaan yang berarti antara UNSRI dan UBB”, ucap Ridhah Taqwa.

Acara selanjutnya pemutaran video profil UBB, diskusi dan tanya jawab perihal akademik, laboratorium, pengelolaan jurnal ilmiah dan organisasi himpunan mahasiswa, serta ditutup dengan sesi foto bersama dan saling bertukar cinderamata. (Fisip/Humas)


Topik

Dr._Ibrahim,_S.Fil.,_M.Si FISIP_UBB Sosiologi_UBB
. ayar