FE UBB Gelar Pelatihan Relawan Pajak 2020

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 31 Januari 2020 20:35 WIB | Diupdate pada 31 Januari 2020 20:35 WIB


MERAWANG, UBB – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bangka Belitung (UBB), mengadakan Pelatihan Relawan Pajak Tahun 2020, yang diikuti dari perwakilan mahasiswa disetiap Jurusan FE, bertempat di ruang seminar lt.2 Gedung Timah II, Kampus Terpadu UBB, Jum’at (31/01) pagi.

Kegiatan tahunan ini adalah dalam rangka upaya mendukung program pemerintah pusat terkait dengan pengisian dan penyampaian SPT Pajak Orang Pribadi dan Badan Usaha.  Salah satu tujuan kegiatan ini juga untuk mengedukasi serta mendorong mahasiswa FE dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui  asistensi pengisian SPT Tahunan serta pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut dari perwakilan KPP Pratama Bangka dan KP2KP Sungailiat, diantaranya Indra Mulya Kusuma, Eko Arief Yogama beserta rombongan. Pelatihan yang dinamakan Relawan Pajak 2020 ini diikuti sebanyak 30 mahasiswa FE yang telah mendapatkan mata kuliah Perpajakan dan Akuntansi Pajak.

Sebelum mahasiswa terjun ke masyarakat, relawan pajak ini diberikan pelatihan yang akan dilaksanakan secara berkala dan di bulan Februari dilanjutkan dengan Kuliah Umum Perpajakan.

Acara pelatihan relawan pajak 2020 dibuka secara langsung oleh Dekan FE UBB, Dr. Reniati, SE., M.Si., sekaligus memberikan materi Kepemimpinan untuk memberikan bekal kepada para peserta.. Dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada pihak Kanwil DJP Sumsel dan KPP Pratama Bangka dan KP2KP Sungailiat atas kerja sama yang sudah dibina selama ini.

Dengan pelatihan ini, ia berharap relawan pajak khsusnya mahasiswa FE untuk melatih jiwa lidership, serta memberikan kontribusi bagi pemerintah terhadap peningkatan kesadaran para wajib pajak, sehingga dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor perpajakan.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa selain pentingnya kesadaran para wajib pajak, penerimaan negara dari sektor pajak ini akan dipergunakan negara untuk kepentingan umum, pembangunan, dan biaya lainnya yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat nantinya.

"Kegiatan ini dalam rangka membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak, sehingga berguna bagi masyarakat dan akan kembali kemasyarakat," tuturnya.

Dengan diadakan pelatihan relawan pajak ini, diharapkan para relawan dari kalangan mahasiswa akan lebih menguasai materi tentang perpajakan seperti pengisian SPT Tahunan, pengisian 1770SS, pengisian 1770S, FAQ, serta mampu mengatasi masalah dilapangan nantinya. Relawan pajak nantinya akan melakukan asistensi pengisian SPT Tahunan 1770S dan 1770SS melalui e-filling.

Dengan melibatkan relawan pajak harapannya dapat membantu meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk sadar akan kewajibannya. Kegiatan ini merupakan langkah awal Relawan Pajak dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Terkait kegiatan ini, relawan pajak akan hadir kembali pada pertengahan bulan Februari 2020 mendatang di Kuliah Umum Perpajakan, untuk melakukan asistensi kepada mahasiswa, dosen dan karyawan UBB, dalam mendukung partisipasi kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban membayar pajak. (Ags/Humas)


Topik

Fakultas_Ekonomi_UBB
. ayar