SMAN 1 Jebus Kunjungi Kampus UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 10 Februari 2020 23:58 WIB | Diupdate pada 10 Februari 2020 23:58 WIB


MERAWANG, UBB  – Bulan Januari menjadi salah satu rangkaian kegiatan dibeberapa SMA/SMK/MA untuk melakukan Study tour/Field trip ke sejumlah perguruan tinggi. Salah satunya kunjungan dari SMAN 1 Jebus Kabupaten Bangka Barat, ke Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB), Senin (10/2) sore.

Tujuan mereka pun beragam, mulai dari mencari informasi seputar jalur masuk ke UBB, Akreditasi Institusi dan Prodi, hingga pengetahuan seputar biaya kuliah, serta beberapa informasi penting mengenai Fakultas dan program studi yang ada di UBB.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh pihak sekolah setiap tahunnya, terdapat peningkatan jumlah alumni yang melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang Perguruan Tinggi (PT). Kondisi ini salah satunya dipicu oleh upaya sekolah memperkenalkan dunia kampus kepada para siswa sejak dini.

Berkenaan hal tersebut, Kampus Terpadu UBB kembali mendapat perhatian dari pihak sekolah untuk menghantarkan anak didiknya mengenal lebih dekat dunia Kampus yang ada di Bangka Belitung.    Sebanyak 134 siswa dari kelas-12, dan 6 orang Guru pendamping dari SMAN 1 Jebus disambut hangat oleh Kepala BAKK UBB, Hesty, SPd., MPd., beserta jajarannya, bertempat di Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB.

Dikesempatan tersebut, rombongan dijelaskan beberapa informasi penting seputar UBB, di antaranya prodi yang ada disetiap Fakultas, biaya kuliah, beasiswa, prestasi dan akreditasi yang telah diraih, serta proses jalur penerimaan mahasiswa baru dan lain-lainnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Jebus yang diwakili oleh Drs. Zuhri menyampaikan kunjungan ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat UBB kepada para siswa, sehingga kelak siswa bisa termotivasi dan menyiapkan diri melanjutkan pendidikan khususnya di UBB.

Ia juga berharap para siswa tidak usah jauh-jauh menempuh pendidikan tinggi, karena di Bangka Belitung sudah ada Universitas Negeri dan tidak kalah bagusnya dengan perguruan tinggi di luar daerah. Bahkan menurutnya para alumni dari SMAN 1 Jebus tidak sedikit yang kuliah di UBB, dan di antara mereka ada yang menerima beasiswa prestasi selain beasiswa bidikmisi. Tentunya ini suatu kebanggaan bagi pihak sekolah, karena para alumninya banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri.

Dikesempatan yang sama Kepala BAKK UBB, Hesty  yang juga pengisi materi mengungkapkan banyak sekolah yang sudah melakukan kunjungan ke Kampus Terpadu UBB. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi referensi untuk para siswa melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus nanti.

Hesty juga menyampaikan informasi terkait uang kuliah tunggal dan prestasi yang telah ditoreh UBB dan peluang masuk di masing-masing prodi tiap fakultas, serta memotivasi para siswa agar jangan ragu-ragu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi hanya karena kendala biaya.

Lebih lanjut, Kasubbag Registrasi dan Statistik BAKK Ramdan Firmansyah memaparkan tentang jalur penerimaan mahasiswa baru UBB melalui seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN, serta program beasiswa yang ada di UBB. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para siswa.

Sebagai mentor kepada para siswa, UBB juga menghadirkan Mahasiswa dari lulusan SMA yang sama (alumni) untuk memberikan semangat dan berbagi pengalaman seputar dunia kampus yang telah mereka lalui. Kehadiran para alumni di tengah-tengah rombongan menjadi obat dan vitamin atas pertanyaan dan keraguan mereka selama ini, karena menjadi mahasiswa bukanlah mimpi, namun tantangan walaupun harus bersaing dengan ribuan siswa dari berbagai daerah untuk mauk ke UBB.

Usai penyampaian materi, para rombongan diajak berkeliling untuk melihat secara langsung aktifitas Mahasiswa UBB, serta fasilitas lain yang dimiliki UBB. Di sana para siswa diberikan penjelasan dan berbagi pengetahuan terkait penggunaan peralatan dan fungsinya. Nampak di antara beberapa siswa antusias mengabadikan kesempatan tersebut dengan berfoto disetiap tempat yang mereka datangi. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB
. ayar