Mahasiswa UBB Ikuti Magang Bersertifikat Selama Enam Bulan

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 03 Maret 2020 21:00 WIB | Diupdate pada 03 Maret 2020 21:00 WIB


Wakil Rektor I UBB, Dr. Nizwan Zukri, SE., MM., beserta jajarannya, foto bersama dengan mahasiswa UBB yang tergabung dalam program magang bersertifikat (PMMB) selama enam bulan di beberapa BUMN, Jum’at (29/2).

MERAWANG, UBB  - Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswa Universitas Bangka Belitung, Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., resmi melepas 46 mahasiswa dari beberapa fakultas untuk mengikuti program magang bersertifikat di sejumlah perusahaan milik badan usaha milik negara (BUMN), bertempat di ruang aula Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Jum’at (29/2/2020) pagi.

Program magang yang diikuti mahasiswa UBB ini tidak lain merupakan hasil tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman (MoU) UBB dengan Kementerian BUMN beberapa waktu lalu di Jakarta, yang telah bergabung di Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Menurut Wakil Rektor I UBB Nizwan Zukri pengiriman mahasiswa UBB mengikuti program magang bersertifikat ini merupakan tahun kedua. Sebelumnya sejumlah mahasiswa UBB juga telah melaksanakan magang bersertifikat di PT. Timah Tbk.

Nizwan juga berharap kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa UBB untuk mengikuti program magang bersertifikat ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Melalui kegiatan ini, mahasiswa bisa lebih memiliki kesempatan untuk membuktikan hasil belajar di kampus sekaligus menimba pengalaman dan mengasah keterampilan di dunia kerja.

Lebih lanjut, Kasubbag. Layanan Mahasiswa dan Alumni, Mery Jumadi, SE., menerangkan mahasiswa UBB yang merupakan peserta magang selama 6 bulan ini, terpilih setelah melalui proses seleksi. Ia juga menjelaskan ada sebanyak 46 mahasiswa yang dipilih untuk magang di sejumlah BUMN di antaranya PT Timah TBK, PT Perkebunan Nusantara VII, BNI, BTN dan Bank Mandiri, serta Pertamina.

Program magang bersertifikat ini bagian dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mahasiswa memiliki kesiapan untuk terjun kedunia kerja setelah lulus kuliah nanti.

Kegiatan ini ini juga menjadi jembatan untuk mensinergikan pendidikan di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia industri diberbagai bidang, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai bagi dunia kerja kedepannya.

Sebanyak 27 Mahasiswa UBB dari 20 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang mengikuti program magang bersertifikat di PT Timah Tbk, pada senin (2/3) pagi, mengikuti acara pembukaan pelaksanakan program magang bersertifikat, bertempat di Gedung Graha Timah, Kantor Pusat PT Timah Tbk Pangkalpinang.

Tidak hanya itu, melalui program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN, guna menghasilkan Human Capital Indonesia yang berdaya saing global. 

Selain itu, Nizwan juga berpesan kepada mahasiswa UBB yang mengikuti program magang ini, diharapkan menjadi contoh yang baik di per­usahaan tersebut dan bisa menjaga nama baik almamaternya.


Topik

Mahasiswa
. ayar