Melihat Lebih Dekat Dunia Kampus, Siswa SMAN 1 Lepar Pongok Kunjungi UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 04 Maret 2020 22:01 WIB | Diupdate pada 04 Maret 2020 22:01 WIB


MERAWANG, UBB – Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali menerima kunjungan siswa/siswi SLTA, kali ini kunjungan dari SMA Negeri 1 Lepar Pongok, Bangka Selatan, Selasa (03/03/2020) siang.

Rombongan sebanyak 65 siswa yang keseluruhan merupakan kelas XII, serta 5 guru pendamping diterima oleh Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAKK) UBB yang dipusatkan di Ruang Rapat Besar Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Lepar Pongok, Zia Ul Haq, menyampaikan kunjungan ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada siswa/siswi situasi dunia perkuliahan, serta mengenal lebih dekat UBB sebagai Universitas Negeri favorit dan nomor 1 di Bangka Belitung, sehingga kelak siswa/siswi bisa mempersiapkan diri melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri khususnya di UBB.

“Kunjungan kali ini semoga bisa merubah cara pandang siswa/siswi agar dapat mengembangkan potensi yang ada di daerahnya. Silahkan bertanya menggali informasi yang sebanyak-banyaknya tentang beasiswa, program studi dan hal-hal yang kurang paham terkait dunia perkuliahan,” ujarnya.

Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni BAKK, Ibu Evia Eva, S.T.P., selaku perwakilan dari UBB mengungkapkan terima kasih, mudah-mudahan dengan kedatangan SMAN 1 Lepar Pongok dan setelah melihat kampus UBB siswa/siswi berminat dan berkeinginan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi khususnya di UBB.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan informasi terkait jalur masuk perguruan tinggi negeri. “Ada 3 Jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan SMMPTN Barat (Mandiri). UTBK-SBMPTN dilaksanakan selama 1 minggu full dari tanggal 20-26 April 2020, berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan selama 5 Minggu,” papar Evia Eva, S.T.P.

Selanjutnya, Kasubbag Registrasi dan Statistik BAKK, Ramdan Firmansyah, S.Kom., mempresentasikan tentang profil UBB antara lain terkait visi misi UBB, jalur penerimaan, akreditasi, program studi, beasiswa dan prestasi-prestasi yang pernah diraih UBB.

Beliau juga menganjurkan untuk memilih program studi sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing jangan sampai salah jurusan baik jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri, karena kuliah menentukan masa depan kita.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para siswa, pemberian cindera mata yang dilakukan oleh pihak UBB kepada SMAN 1 Lepar Pongok dan foto bersama.

Usai penyampaian materi, rombongan SMAN 1 Lepar Pongok diajak berkeliling ke fakultas-fakultas untuk melihat secara langsung aktifitas perkuliahan mahasiswa UBB, serta fasilitas lain yang dimiliki UBB.

Di sana para siswa diberikan penjelasan dan berbagi pengetahuan terkait penggunaan peralatan dan fungsinya. Tampak di antara beberapa siswa antusias bertanya serta mengabadikan kesempatan tersebut dengan berfoto di setiap tempat yang mereka datangi. (Jay/BAKK)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB
. ayar