Mahasiswa FE UBB Wakili Babel di Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2020

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 19 Maret 2020 21:18 WIB | Diupdate pada 19 Maret 2020 21:18 WIB


PANGKALPINANG, UBB – Universitas Bangka Belitung (UBB) terus melahirkan mahasiswa berprestasi. Kali ini Rianto (Mahasiswa UBB) dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UBB berhasil menjadi juara pertama dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diselenggarakan di Hotel Bangka City, Selasa (16/3/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung ini berlangsung sejak 7-16 Maret 2020 dan memiliki beberapa tahapan. Pada acara malam persembahan grand final yang di ikuti 20 finalis, para juri menetapkan Rianto (UBB) dan Annisa Nastiti (SMPN 2 Koba) terpilih sebagai Duta Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020.

Nantinya, Rianto dan Annisa akan bertanding kembali untuk memperebutkan gelar Duta Bahasa ditingkat Nasional 2020 mendatang. Mudah-mudahan di tingkat nasional nanti, wakil dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa bersaing dengan provinsi lain dan meraih prestasi yang lebih baik.

Terpilihnya Rianto dan Annisa (Caca) oleh Dewan Juri sebagai kontestan terbaik bukan hal yang tidak mendasar. Mereka dianggap cakap dan mampu melewati sejumlah aspek penilaian dari Dewan Juri yang meliputi kemampuan berbahasa Indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing, diskusi kelompok terpumpun, penerapan krida, kemampuan monolog dalam tiga bahasa, unjuk bakat, serta kemampuan dalam menjawab langsung pertanyaan juri.

Tidak hanya itu, nominasi para juara Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung 2020 berasal dari Mahasiswa UBB dengan menduduki peringkat dibawahnya.

Berikut daftar lengkap pemenang ajang Duta Bahasa Kep. Babel 2020 :

Pemenang 1 Duta Bahasa Putra : Rianto (UBB)
Pemenang 1 Duta Bahasa Putri : Annisa Nastiti (SMPN 2 Koba)

Pemenang 2 Duta Bahasa Putra : Joseph (UBB)
Pemenang 2 Duta Bahasa Putri : Nurul Khotimah (ITB)

Pemenang 3 Duta Bahasa Putra : Wendi (UBB)
Pemenang 3 Duta Bahasa Putri : Annisa Pradnya Paramitha (UBB)

Pemenang 4 Duta Bahasa Putra : Ryannico Febio Alba (IAIN SAS Babel)
Pemenang 4 Duta Bahasa Putri : Tantipah Amanda (UBB)

Pemenang 5 Duta Bahasa Putra : Debbi Franata (IAIN SAS Babel)
Pemenang 5 Duta Bahasa Putri : Istiwulandari (UBB)

Rianto saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa kemenangan ini merupakan penghargaan diri dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban.

“Bagi saya kemenangan ini adalah penghargaan diri sekaligus juga pertanggung jawaban. ‘Penghargaan diri’ karena semua kerja keras akhirnya terbayar, ‘pertanggungjawaban’ karena ada banyak hal yang harus dilakukan terkait dengan krida kebahasaan. Dengan ini saya berkomitmen untuk dapat berdedikasi dan memberikan kontribusi terkait kebahasaan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, pihak Dekanat Fakultas Ekonomi setelah mendapat kabar atas prestasi mahasiswanya, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada mahasiswa FE yang telah memborong nominasi duta bahasa untuk putra.  

Lebih lanjut, Wakil Rektor I UBB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Nizwan Zukhri saat dikonfirmasi merasa bangga atas prestasi yang telah ditoreh mahasiswanya. Ia juga menyambut baik dan mensuport segala kegiatan mahasiswa untuk berprestasi, dan kemenangan ini tidak hanya membawa nama baik bagi Kampus UBB, namun juga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Ags/Humas)


Topik

Mahasiswa Fakultas_Ekonomi_UBB
. ayar