Pengumuman SNMPTN 2020, Sebanyak 445 Siswa Dinyatakan Lolos Ke UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 08 April 2020 14:27 WIB | Diupdate pada 08 April 2020 19:41 WIB


Ilustrasi Calon Mahasiswa melaksanakan registrasi/daftar ulang SNMPTN

MERAWANG, UBB - Bagi anda calon mahasiswa baru yang telah mendaftarkan diri ke Universitas Bangka Belitung (UBB) lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), hari ini Rabu, 08 April 2020 pukul 13.00 WIB kelulusan SNMPTN akan diumumkan.

Bagi para peserta SNMPTN yang memilih UBB dapat mengecek kelulusannya di laman pengumuman snmptn.ac.id atau laman www.ubb.ac.id, dan sebanyak 445 peserta SNMPTN Tahun 2020 berhasil lolos masuk ke UBB yang terdiri dari 20 pilihan program studi (prodi), serta dengan pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sebanyak 104 siswa.

Jumlah total pendaftar siswa yang memilih ke UBB sendiri untuk Jalur SNMPTN Tahun 2020 sebanyak 2.093 siswa. Pada tahun ini Program Studi (Prodi) Manajemen masih terus menjadi Prodi yang memiliki keketatan tertinggi di UBB untuk kelompok Soshum. Sementara itu, Prodi Agribisnis menjadi program studi yang memiliki keketatan untuk kelompok Saintek.

Dari 445 yang dinyatakan lolos ke UBB, sebanyak 372 atau 83,6% siswanya berasal dari Bangka Belitung (Babel) dan terdapat 73 siswa dari 14 Provinsi yang berasal dari luar Babel untuk memilih UBB, bahkan pada tahun ini terdapat 1 siswa yang diterima di UBB yang berasal dari Provinsi Papua Barat.

Jumlah yang lolos SNMPTN ke UBB berdasarkan Prodi diantaranya, Agribisnis sebanyak 25 orang, Agroteknologi 26, Akuntansi 30, Biologi 18, Akuakultur 14, Ekonomi 11, Fisika 11, Hukum 36, Ilmu Kelautan 16, Ilmu Politik 20, Kimia 9, Manajemen 31, Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) 37, Sastra Inggris 26, Sosiologi 25, Teknik Elektro 35, Teknik Mesin 16, Teknik Pertambangan 14, Teknik Sipil 30, serta prodi Matematika sebanyak 15 orang.

Bagi siswa yang telah dinyatakan lolos SNMPTN, agar membaca dan mengikuti proses ketentuan yang sudah ditetapkan di setiap PTN.

Wakil Rektor I UBB Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., menghimbau kepada siswa yang lulus SNMPTN dan diterima di UBB, melakukan tahap verifikasi untuk pengisian biodata secara online di laman http://siakad.ubb.ac.id/ubb/pmb.zul atau http://ubb.eakademik.id/ubb/pmb.zul pada tanggal 9 April s.d. 24 April 2020.

Dalam tahapan tersebut, calon mahasiswa wajib mengunggah dokumen (dalam bentuk .jpg/pdf, ukuran maksimal 500kb) dan mengisi biodata lainnya sesuai dengan ketentuan yang ada di web.ubb.ac.id yang diunggah di laman pmb.ubb.ac.id.

Calon mahasiswa yang tidak menyelesaikan pengisian Biodata dan mengunggah dokumen yang telah ditentukan secara lengkap sampai batas waktu yang ditentukan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa Universitas Bangka Belitung.

Bagi yang telah menyelesaikan verifikasi online wajib mencetak bukti Verifikasi online. Pengumuman calon mahasiswa yang lolos verifikasi dan informasi mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar setiap semester dapat dilihat di laman: pmb.ubb.ac.id pada tanggal 30 April 2020 mulai pukul 15.00 WIB.

Calon mahasiswa dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UBB jika tidak melakukan pembayaran pada tanggal tersebut (kecuali calon penerima KIP Kuliah belum perlu membayar UKT sampai dengan di terbitkannya Surat Keputusan Rektor tentang penetapan penerima KIPK-UBB Tahun 2020).

Bagi siswa yang belum diterima di UBB melalui jalur SNMPTN jangan berkecil hati, karna masih ada kesempatan untuk mengikuti jalur SBMPTN. Sebagaimana aturan tahun lalu, sebelum bisa mendaftar SBMPTN, peserta wajib mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran UTBK sendiri akan dibuka pada tanggal 02 – 20 Juni 2020 mendatang. (Ags/Humas)


Topik

SNMPTN
. ayar