Jalin Kemitraan, UBB Serahkan Handsanitizer kepada RRI Sungailiat

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 13 Mei 2020 23:01 WIB | Diupdate pada 13 Mei 2020 23:01 WIB


Wakil Rektor I UBB Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., menyerahkan handsanitizer kepada Drs. Agung Prasetya Rosihan Umar selaku Kepala RRI Sungailiat, Rabu (13/5/2020). 

MERAWANG, UBB - Sebagai bentuk kepedulian Universitas Bangka Belitung dalam pencegahan covid-19, Wakil Rektor I Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., serahkan handsanitizer kepada Kepala RRI Sungailiat, Drs. Agung Prasetya Rosihan Umar, di ruang kerjanya, Rabu (13/5) sore.

Dalam kunjungan kerja Wakil Rektor I Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., di dampingi Sekretaris Jurusan Kimia FT UBB Verry Andre Fabiani, SSi., MSi,. dan Kasubbag Humas dan Kerja Sama UBB Agus Susanto, SPdI, selain menyerahkan handsanitizer, kehadiran UBB dapat semakin memper erat silaturahim dan kemitraan dengan RRI di bidang layanan informasi dan komunikasi publik.

“Alhamdulillah kita bisa bersilaturahim ke sini, karena bagaimana pun Universitas dan media masa termasuk RRI suatu hal yang tidak terpisahkan,” tutur Nizwan.

Selain itu, Nizwan berharap agar kemitraan yang sudah terjalin selama ini dapat lebih ditingkatkan, dan tentunya dengan era digital saat ini, dukungan dan peran dari RRI Sungailiat dalam menyebarkan informasi dan komunikasi ke publik sangat dibutuhkan.

Ia juga menerangkan dikesempatan yang sama, Rektor dan jajaran Pimpinan UBB melakukan kunjungan yang sama di beberapa media masa yang ada di Bangka Belitung.

Selain memaparkan fakultas dan program studi yang ada di UBB, Nizwan juga menjelaskan mekanisme jalur penerimaan mahasiswa baru UBB tahun 2020, serta beberapa kegiatan UBB dimasa covid-19 yang sudah dilakukan dan akan dilaksanakan kedepannya.

Bahkan menurut Nizwan, dimasa pandemi covid saat ini kegiatan UBB tetap berjalan normal dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tentu permasalahan yang dihadapi juga terkait pembelajaran jarak jauh dan lain-lain membuat kita banyak belajar, dan tentunya dengan memanfaatan media digital, serta penyebaran informasi ke media masa sangat gencar dilakukan saat ini.

Lebih lanjut, Sekretaris Jurusan Kimia FT UBB Verry Andre Fabiani, SSi., MSi, menjelaskan handsanitizer yang diserahkan merupakan hasil inovasi dari civitas akademika UBB sendiri dengan tetap memperhatikan standar WHO.

Handsanitizer tersebut sudah digunakan sendiri oleh keluarga besar UBB dan beberapa instansi, bahkan Verry menjelaskan beberapa temuan handsanitizer yang pernah dibuat mahasiswa Kimia FT UBB dan lolos di tingkat nasional adalah handsanitizer dari ekstrak daun pucuk idat, dan menurutnya kedepan UBB akan mencoba riset dengan potensi lokal lain yaitu menggunakan ekstrak daun pelawan.

“Ini sekalian silaturahmi dan promosi, namun promosinya bukan untuk dijual sebenarnya pak!. Bahwa ini menunjukkan kita bisa produksi sendiri, dan masyarakat pun bisa berbuat hal yang sama,” terang Verry.

Terkait pengunaan handsanitizer, justru Verry sendiri mengedukasikan masyarakat lebih aman dan lebih efektif untuk melakukan cuci tangan dengan mengunakan sabun dibandingkan dengan bahan kimia, ini dilakukan agar tidak ada pemahaman yang salah dari masyarakat terhadap penggunaan handsanitizer.

“kami dari Jurusan Kimia tidak menyarankan penggunaan handsanitizer dipakai sesering mungkin bapak ibu, malah lebih efektifnya dengan cuci tangan pakai sabun, karena sebenarnya handsanitizer anjurannya maksimal 5 kali dalam sehari” jelasnya.

Kepala RRI Sungailiat Drs. Agung Prasetya Rosihan Umar didampingi jajarannya menyambut baik kehadiran pihak UBB, Ia juga memaparkan program-program yang ada di RRI Sungailiat, bahkan di masa wabah virus corona, RRI mendukulir sebagai radio rekaman bencana covid-19.

“Kehadiran Bapak buat kami, harapan kami kedepan!. barangkali ini bisa menjadi enter poin bagaimana sinergisitas antara RRI dengan UBB kedepannya,” pungkas Agung.

Dengan sinergisitas ini, Agung juga berharap bisa direncanakan MoU dengan memadukan program yang ada dikedua belah pihak. Dengan terjalinnya kerja sama tersebut, RRI dengan UBB dapat memanfaatkan layanan informasi publik ini dengan sasaran kaum melenial dengan slot waktu yang akan disediakan oleh pihak RRI, dan RRI sendiri akan menjadi laboraturium bagi civitas akademika UBB.

“dengan cara demikian, kami menambah potensi pendengar, kemudian masukan dari pendengar juga kita butuh, bagi UBB ini sebagai laboratorium bagi mahasiswa tentunya,” ucapnya.

Wakil Rektor I UBB Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM. didampingi Sekretaris Jurusan Kimia FT UBB Verry Andre Fabiani, SSi., MSi,. saat melakukan siaran lansung di PRO 2 RRI Sungailiat.

Dikesempatan tersebut pihak RRI memberikan waktu kepada UBB untuk melakukan siaran bersama di PRO 2 RRI Sungailiat. Siaran langsung tersebut mengangkat tema “UBB Kreatif di Masa Covid-19”. Siaran tersebut sekaligus dimanfaatkan sebagai sarana promosi terkait berbagai perlombaan yang akan dilaksanakan oleh pihak UBB dengan total hadiah 75,2 juta rupiah.

Selain itu, keterlibatan media masa termasuk RRI dan kemajuan teknologi sekarang ini menjadikan informasi sangat mudah diakses. Apalagi dimasa pademi covid yang mengharuskan tetap dirumah saja, banyak informasi penting tentang UBB yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Dengan kerja sama UBB dengan pihak RRI Sungailiat, serta terlaksananya siaran PRO 2 RRI tersebut penyebaran informasi akan lebih mudah terjangkau oleh masyarakat luas khususnya kaum melenial. (Ags/Humas)


Topik

Kimia_UBB Wakil_Rektor_I_UBB
. ayar