Tingkatkan Keamanan Laut, Bakamla RI Audensi Dengan Akademisi UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 09 Juli 2020 16:11 WIB | Diupdate pada 09 Juli 2020 16:11 WIB


Foto bersama rombongan Dit. Litbang Bakamla RI dengan Akademisi UBB usai kegiatan audiensi dan diskusi terkait Kemaritiman Wilayah RI.

MERAWANG, UBB – Tim Penelitian Direktorat Penelitian dan Pengembangan (Dit. Litbang) Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) gandeng Universitas Bangka Belitung  dalam rangka membantu meningkatkan keamanan dan keselamatan laut di wilayah Indonesia, Kamis(09/7/2020) pagi.

Kehadiran tim Bakamla RI bukan kali pertama berkunjung ke Kampus Terpadu UBB, kegiatan serupa juga pernah dilakukan ditahun-tahun sebelumnya terkait audensi dan kajian dalam melestarikan, menyelamatkan, dan mengamankan navigasi laut di wilayah Indonesia.

Terbangunnya sinergi antara Bakamla RI dengan UBB dalam rangka penguatan poros maritim, dengan melakukan berbagai kegiatan serta kajian-kajian yang dapat menunjang tugas kelembagaan masing-masing institusi.

Dalam kunjungannya, tim Dit. Litbang Bakamla RI yang di Ketuai oleh Kolonel Bakamla Waryoto, SE. (Kasubdit Perencanaan Litbang), bersama Mayor Bakamla Ibnu Mufid Inung, M.T. (Kepala Stasiun Bumi Babel), Lettu Bakamla Donald R. Sitorus, S.T., M.M. (Analis Kebijakan Penelitian), Lettu Bakamla Maya Diana Putri, S.T. (Staf Evalkin), Letda Bakamla Jhony Rian Setiawan Saragih, S.Kom. (Staf Evalkin), Serma Bakamla E.J. Moreno Siahaan, A.Md. (Pengendali Sistem Jaringan Satelit), Serma Bakamla Yovi Padli (Penyusunan Laporan), dan Serda Bakamla Bintang Cahya Permata Sari (Staf Perencanaan Litbang), untuk melakukan audiensi dan diskusi dengan akademisi UBB.

Rombongan Bakamla RI disambut langsung oleh Wakil Rektor III Riwan Kusmiadi, STP., MSi., didampingi Ketua LPPM Dr. Fournita Agustina, SP., MSi., di ruang rapat Gedung Rektorat dengan tim akademisi UBB diantaranya Dekan FH Dr. Dwi Haryadi, SH., MH., Kajur FH Dr. Derita Prapti Rahayu, SH., MH., Wakil Dekan FPPB Wahyu Adi, SPi., MSi., Kajur Akuakultur FPPB Dr. Endang Bidayati, SPi., MSi., Kajur MSP FPPB Dr. Sudirman Adibrata, ST., MSi., dan Sekjur Kelautan FPPB Aditya Pamungkas, SSi., MSi.

Dalam sambutan Riwan menyampaikan selamat datang kepada rombongan Bakamla RI di Kampus Terpadu UBB, dan sinergi yang selama ini sudah terjalin dapat memberikan kemajuan bagi institusi maupun kemajuan wilayah terkait kemaritiman.

Sementara itu, Kolonel Bakamla Waryoto menjelaskan secara singkat sejarah Bakamla RI kepada akademisi UBB baik terkait tugas maupun fungsinya. “Tugasnya Bakamla itu adalah melakukan patroli keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yuridiksi di Indonesia,” paparnya.

Tambahnya, tugas Dit. Litbang Bakamla sendiri melaksanakan kebijakan keamanan dan keselamatan laut melalui penelitian dan pengembangan. Menurutnya perguruan tinggi merupakan salah satu mitra penting dalam mendukung sinergi baik terkait penelitian maupun sains yang bisa diberdayakan untuk mendukung poros kemaritiman Indonesia.

“Tidak mungkin kita bergerak sendiri, harus ada dari masyarakat dan harus ada dari akademisi, sehingga nanti bisa bersinergi bagaimana pengamatan dan pengguna laut ini jadi aman,” terang Waryoto.

Terkait audiensi yang telah dipaparkan oleh Bakamla RI dan Akademisi UBB menyampaikan beberapa hal, yakni terkait perairan Indonesia yang kaya akan sumber alam hayati dan mineral dengan letak geografis yang strategis, menyebabkan tingginya aktivitas di perairan Indonesia baik dari kegiatan lalu lintas kapal, penangkapan ikan serta kegiatan eksplorasi dan eksploitasi dan lain-lainnya, sehingga menjadi potensi besar terjadinya insiden maupun kejahatan di laut.

Pada akhir paparan disampaikan kesimpulan bahwa untuk mengelola keamanan laut, perlu sinergisitas kelembagaan dan mitra kerja lainnya guna mendukung poros maritim yang kuat, serta adanya kolaborasi antara Bakamla RI dengan pihak akademi terkait penelitian maupun sains yang bisa dikembangkan bersama-sama. (humas/ags)


Topik

Riwan_Kusmiadi,_STP,_M.Si. Wakil_Rektor_III_UBB Dr._Dwi_Haryadi,_SH.,_MH
. ayar