KKN Tematik UBB, Wujudkan Dewi Inpersa Batu Beriga Menuju New Normal

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 22 Juli 2020 08:11 WIB | Diupdate pada 22 Juli 2020 08:11 WIB


LUBUK BESAR, UBB - Desa Batu Beriga pada hari selasa 21 Juli 2020, gelar acara mengawali kegiatan lapangan KKN Tematik UBB yang dihadiri seluruh perangkat desa setempat.

Hadir juga dosen pembimbing lapangan Dr. Derita Prapti Rahayu, SH., MH., dalam melakukan pendampingan kegiatan pembukaan KKN Tematik UBB di Desa Batu Beriga.

Kepala Desa Batu Beriga, Gani sangat senang menerima mahasiswa KKN UBB, serta  mendukung penuh program KKN UBB, serta memberikan masukan terkait sektor pariwisata yang ada di Desa Batu Beriga. Ketua KKN UBB, Isdan dalam sambutan membuka acara mengatakan siap membantu dan bekerja sama, serta bersinergi dengan program-program desa bersama dengan masyarakatbsekitar.

"Saya selaku Ketua KKN UBB di Desa Batu Beriga mewakili teman- teman, kami siap membangun desa dan bersinergi dengan pihak pemerintah desa setempat, dan pemuda- pemuda desa setempat," ujar Isdan.

DPL KKN UBB Dr. Derita Prapti Rahayu, SH.,MH., dalam sambutan mengatakan kkn adalah bentuk nyata atau pun pemunaha tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, kkn inilah bentuk nyata dari pengabdian kepada masyarkat.

Ia juga mengatakan konsep kkn tahun ini berbeda dengan tahun sebelunya, karena kkn tahun ini dilaksanaka secara daring, bisa via webinar, via phone, dan lewat telpon untuk mengkoordinir, namun ada juga program yang mengahruskan untuk datang kelapangan.

Lebih lanjut Derita mengatakan tujuan dari KKN ini sesuai dengan tema KKN Batu Beriga yaitu “bersinergi mewujudkan penerapan new normal di Dewi Inpersa batu beriga". Yaitu desa wisata artinya mewujudkan sektor pariwisatanya, kemudian industrial, perikanan dan sustanaible yang dimana mempunya maksud dari program yang diusungkan ini bisa berkelanjutan.

Setelah menyapaikan maksud dari tema kkn kami ibu derita juga memperkenalkan anggota peserta KKN di desa batu beriga, dengan maksud agar pemerintah dan masyarakat desa mengetahui mahasiswa mahasiswi yang akan mengabdi di desa tersebut.

Acara pembukaan ini diharapkan mampu memberikan  semangat kepada peserta KKN yang beranggotakan 15 orang  dalam menjalani tugas dan kewajiban yang telah dicanangkan.

Kegiatan dilajutkan dengan melakukan prongram kerja lanjutan berupa sosialisasi kepada para perangkat desa dan masyarakat desa batu beriga. Sosialisasi ini dilakukan dengan kegiatan seminar kesehatan mengenai penjelasan penerapan new normal di Desa Batu Beriga.

Seminar kesehatan ini mengangkat tema “Mengantisipasi Penyebaran Covid-19 di Era New Normal”. Zulyan selaku kepala bidang kesehatan masyarakat pada prinsipnya beliau sangat mengapresiasi kegiatan KKN UBB di Desa Batu Beriga.

Materi dari dinas kesehatan memberikan edukasi kepada masyarakat desa batu beriga terkait dengan protokol kesehatan, program promotor, dan preventif di desa batu beriga. Zulyan juga mengatakan dengan hadirnya mahasiswa kkn ubb di desa batu beriga bisa memberikan dampak positif kepada masyarkat.

"Sekarang kita sudah menuju masa adaptasi kebiasaan baru. Harapannya mahasiswa kkn ubb desa batu beriga memberikan peran aktif dalam pemahaman atau pengedukasi kepada masyarakat biar masyarakat semuanya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Misalnya mereka harus wajib pakai masker, kemudian cuci tangan pakai sabun dan mereka menjaga jarak, menjaga kesehatan dan sebagainya," terangnya.

Dengan sosialisasi ini, Zulyan berharap terkait di sektor kesehatan khususnya desa batu beriga mengalami peningkatan atau perkembangan karena masyarakat telah teredukasi dengan baik. Ia juga mengakui permasalahan di desa adalah masyarakatnya kurang ter edukasi dengan baik perihal kesehatan.


Topik

KKN_UBB
. ayar