KKN Desa Lubuk Besar, Bersih-bersih Lingkungan Ekowisata Air Merapin

Penulis: Editor | Ditulis pada 03 Agustus 2020 21:53 WIB | Diupdate pada 03 Agustus 2020 21:53 WIB


LUBUK BESAR, UBB - Pelaksanaan Program Kerja Mahasiswa KKN Tematik UBB angkatan XV di Desa Lubuk Besar, Senin (03/08/2020) dilanjutkan dengan program pembersihan daerah wisata Air Merapin yang ada di Dusun Lubuk Laut.

Pembersihan daerah wisata air merapin, Yang termasuk dalam program kerja pengabdian Mahasiswa KKN di bidang lingkungan wisata desa, telah di rancang dalam program kerja dengan melibatkan seluruh Tokoh masyarakat serta pemuda desa yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS).

Mahasiswa KKN melakukan pembersihan lingkungan wisata dari sampah, rumput, membuat tulisan arah jalan, anjuran pembuangan sampah, dan pemasangan pagar di lingkungan wisata Air Merapin, Desa Lubuk Besar dusun Lubuk Laut.

Tokoh masyarakat dan pemuda turut berpartisipasi dalam pembersihan lingkungan daerah wisata Air Merapin. Kegiatan ini bertujuan memberikan kesadaran arti penting potensi lokasi wisata dengan menjaga  Sumber Daya Alam (SDA), serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan Ekowisata.

"Kami selaku tokoh pemuda akan selalu mendukung kegiatan pengabdian mahasiswa dalam upaya membangun dusun ini, Karena Ini menyangkut menjaga SDA dan meningkatkan Kualitas SDM dusun ini" Ujar Pak Budi Selaku Ketua Pemuda Dusun Lubuk Laut.

Kegiatan melalui ekowisata ini juga mendapat respon yang baik dari sejumlah pemerintah daerah di tingkat Provinsi maupun Kabupaten. Pembersihan lingkungan ekowisata Air Merapin ini juga merupakan respon dari banyaknya pengunjung yang berasal dari sejumlah wilayah ke lokasi ekowisata.

"Kami dukung jika mahasiswa melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan wisata pemandian air merapin ini, terutama hal ini menunjukkan peran mahasiswa dalam pengabdiannya di lingkungan masyarakat serta menunjukkan bahwa mahasiswa  tidak hanya bisa demo saja"Ujar Ujang salah satu pengunjung ekowisata Air Merapin

Pemberdayaan Desa Lubuk Besar Sebagai Smart Village di dorong melalui berbagai program KKN termasuk pemanfaatan Ekowisata yang berada di dusun Lubuk Laut, Guna menggiatkan pemuda dan masyarakat arti penting menjaga lingkungan terkhusus wilayah yang berpotensi untuk wisata.

"Kegiatan seperti ini memang telah kami rancang agar bisa membudayakan masyarakat untuk memanfaatkan wilayah agar nantinya dapat mendukung perekonomian masyarakat pula, kami juga membangun hubungan dengan koordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda desa" Ujar Akbar salah satu mahasiswa KKN Desa Lubuk Besar. (red.KKN/Humas)


Topik

KKN_UBB
. ayar