Akuakultur UBB Ajak Masyarakat Budidaya Udang Vaname

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 06 Agustus 2020 13:26 WIB | Diupdate pada 06 Agustus 2020 13:26 WIB


Kegiatan penyuluhan Jurusan Akuakultur UBB di Kelurahan Air Jukung Kecamatan Belinyu Kab. Bangka

MERAWANG, UBB - Jurusan Akuakultur Universitas Bangka Belitung mengajak masyarakat Kelurahan Air Jukung Kecamatan Belinyu  Kabupaten Bangka untuk mengembangkan usaha budidaya udang vaname skala rumah tangga. Ajakan tersebut disampaikan dalam kegiatan Penyuluhan Jurusan yang digelar Selasa, (4/8/2020) bertempat di tepi Sungai Bunting, Belinyu.

Kegiatan penyuluhan yang difasilitasi mahasiswa KKN UBB Kelurahan Air Jukung tersebut dihadiri 55 peserta yang terdiri dari nelayan dan pembudidaya ikan. Masyarakat tampak antusias mendengarkan paparan materi yang disampaikan Ketua Jurusan Akuakultur UBB Dr. Endang Bidayani, SPi, MSi tentang Kebijakan Pengembangan Udang Vaname Nasional.

“Pemerintah melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan sangat mendorong pengembangan budidaya udang vaname berkelanjutan, dengan memberikan banyak stimulus,” Ujar Endang.   

Materi kedua disampaikan Sekretaris Jurusan Akuakultur Ahmad Fahrul Syarif, SPi, MSi tentang Teknis Budidaya udang vaname skala rumah tangga.

“Budidaya udang vaname skala rumah tangga tidak membutuhkan modal besar dan lahan yang luas, namun hasilnya sangat menjanjikan,” paparnya.

Materi berikutnya oleh MA Hari Fitriyanto yang merupakan staf hatchery UBB, tentang potensi pengembangan tambak udang vaname skala tradisional di wilayah Kecamatan Belinyu.

Kegiatan penyuluhan ini juga dihadiri Dinas Perikanan Kabupaten Bangka yang memberikan support agar masyarakat dapat menerapkan model usaha skala kecil yang dinilai cocok dengan masyarakat setempat.

CSR PT Timah tbk yang diwakili Fauzi, menyampaikan jika PT Timah siap menggelontorkan dana bantuan untuk pengembangan usaha tambak udang skala rumah tangga. (red.EB/Humas)


Topik

FPPB_UBB
. ayar