Akuakultur UBB Kembangkan Tambak Udang Vaname Skala Rumah Tangga

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 06 Agustus 2020 13:24 WIB | Diupdate pada 06 Agustus 2020 13:24 WIB


MERAWANG, UBB - Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi Universitas Bangka Belitung (FPPB UBB) tahun ini mulai mengembangkan tambak udang vaname skala rumah tangga.

Tambak percontohan ini merupakan program hibah pengabdian dosen tingkat jurusan. Budidaya udang percontohan ini dikembangkan di kolam beton kapasistas 8 ton sebanyak 4 petak, bekerja sama dengan UPTD Balai Pemuliaan Ikan Unit Kerja Tanjung Krasak di Kabupaten Bangka Selatan.

“ Kita sudah menebar benur sebanyak 5.000 ekor, atau sebanyak 1.250 ekor benur per kolam. Diharapkan budidaya udang ini panen 100 hari ke depan.,” ujar Ketua Jurusan Akuakultur Dr. Endang Bidayani, SPi, MSi.

Percontohan budidaya udang vaname ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa tidak harus punya modal besar untuk membuka usaha budidaya udang.

“Dengan modal kecil pun, masyarakat sudah bisa menghasilkan keuntungan dari budidaya udang vaname,” ujar Endang.

Budidaya udang vaname skala rumah tangga ini memiliki prospek menjanjikan, karena bisa dilakukan di lahan sempit. Selain itu, harganya yang cukup tinggi berkisar Rp. 50.000,- Rp 100.000/ dan diminati pasar.  (red.EB/Humas)


Topik

FPPB_UBB
. ayar