Dharma Wanita Persatuan UBB Adakan Seminar Kesehatan di Era New Normal

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 15 Agustus 2020 18:48 WIB | Diupdate pada 15 Agustus 2020 18:48 WIB


PANGKALPINANG, UBB - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Bangka Belitung adakan Seminar Kesehatan di Era New Normal dengan menghadirkan Dokter Umum dari Puskesmas Batu Rusa Kabupaten Bangka, bertempat di Rumah Dinas UBB, Pangkalpinang,  pada Sabtu (15/08/2020) pagi.

Seminar kesehatan ini  dihadiri oleh Penasehat 1 DWP UBB, Ariska Febriani Ibrahim, Penasehat 2 DPW UBB Sri Rahayu dan Ketua DWP UBB, Desy Mauliana Nizwan Zukhri, serta seluruh koordinator bidang dan seluruh anggota DWP UBB.

Kegiatan seminar kesehatan kali ini mengangkat tema "Behaviour Hidup Sehat di Era New Normal" dengan mengundang narasumber dr. Dody Tri Permadi (Dokter Umum Puskesmas Batu Rusa Kabupaten Bangka). Seperti yang telah diketahui di masa New Normal ini, hidup sehat sangat perlu diterapkan baik dirumah maupun diluar rumah.

Dalam kesempatan tersebut,  Dokter Umum Dody mengatakan bahwa behavior hidup sehat di Era New Normal atau menurut Dinas Kesehatan merupakan perilaku hidup sehat yang sebenarnya sudah diterapkan dari dahulu, hanya saja saat ini perlu dilakukan secara rutin dengan adaptasi kebiasaan baru (new normal),  seperti menggunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun, membawa hand sanitizer, menjaga jarak, olah raga yg rutin, dan sebagainya.

Dody juga menambahkan bahwa pemakaian masker kain sangat membantu dalam mencegah penularan covid-19 sebanyak 60-70%. Penggunaan hand sanitizer pun hanya boleh digunakan 5-6 kali dalam sehari, selebihnya cuci tangan menggunakan sabun.

Selain seminar kesehatan yang dikoordinir oleh Bidang Pendidikan DWP UBB tahun 2020-2024, kegiatan ini juga sekaligus membuka arisan perdana DWP UBB untuk Tahun 2020.

Bidang Pendidikan DWP UBB memiliki beberapa kegiatan, yang salah satunya adalah seminar kesehatan ini. Adapun kegiatan  lainnya yg akan dilaksanakan adalah seminar parenting, cooking class, pembinaan masyarakat sekitar kampus UBB, pelatihan manajemen laktasi, kelas ibu hamil, dan program-program lainnya.

Ririn Amelia Guskarnali salah satu anggota di Bidang Pendidikan DWP UBB saat membuka acara menyampaikan kepada para peserta yang hadir perlunya dilakukan kegiatan ini untuk mengedukasikan pentingnya prilaku hidup sehat di era new normal, dan bagai mana menjadikan wanita yang siap dan sukses dalam keluarga serta masyarakat.

“Peran ibu dalam keluarga sangatlah penting, untuk itu kegiatan seminar seperti ini, perlu dilakukan  agar semua ibu-ibu khususnya DWP UBB dapat menerapkan perilaku hidup sehat yang nantinya akan menjadi contoh bagi keluarga,” tutur Ririn.

Ketua Bidang Pendidikan, Ibu Lia Hengky Veru Purbalakseto mengatakan bahwa beliau sangat bersyukur atas terlaksananya kegiatan seminar kesehatan ini.

"Untuk kegiatan hari ini,saya sebagai koordinator  mengakui masih ada beberapa kekurangan. Meski begitu tetap di syukuri, karena sebagai kegiatan pembuka dari acara Dharma Wanita Persatuan UBB seperti seminar kesehatan ini bisa berjalan dengan lancar dan secara umum berjalan dengan baik." ujarnya.

Selain itu menurut Lia,  semua tim yang terlibat  sangat solid dan ikut menyukseskan kegiatan DWP UBB ini.  Ia berharap semoga kegiatan-kegiatan selanjutnya dapat berjalan dengan sukses dan semakin banyak ilmu yang bermanfaat yang diperoleh dalam kegiatan DWP UBB. (red.Rr/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB
. ayar