UBB Terima 589 Mahasiswa Baru Yang Lolos Jalur SBMPTN 2020

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 16 Agustus 2020 18:12 WIB | Diupdate pada 16 Agustus 2020 18:17 WIB


Foto saat pelaksanaan tes UTBK-SBMPTN Tahun 2020 di Kampus Terpadu UBB.

MERAWANG, UBB – Pada Jum’at (14/8) pukul 14.00 WIB, pengumuman penetapan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2020 dipercepat lebih awal dari waktu yang ditentukan sebelumnya.

Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi., menyampaikan, calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN Tahun 2020 yang dinyatakan lolos ke Universitas Bangka Belitung (UBB) sebanyak 589 siswa yang terbagi di 20 program studi yang ada di UBB.

Tercatat peminat yang mendaftar di UBB jalur SBMPTN sebanyak 2.249 siswa yang berasal dari 19 Provinsi di Indonesia. Calon mahasiswa terbanyak yang mendaftar ke UBB tersebut berasal dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni sebanyak 1.227 siswa, dengan jumlah kelulusan dan diterima sebagai calon mahasiswa UBB sebanyak 526 dan selebihnya berasal dari luar Prov. Babel.

Ia juga menjelaskan walaupun disuasana pandemi covid-19, pelaksanaan UTBK-SBMPTN yang diselenggarakan di Kampus Terpadu UBB maupun Mitra UBB di SMKN 1 Tanjungpandan Belitung berjalan lancar.

“Seleksi SBMPTN pada tahun 2020 berlangsung dalam suasana keprihatinan pandemi covid, meski demikian prosesnya berjalan lancar, bahkan pengumuman dilakukan lebih awal dari yang target semula terjadwal 20 Agustus,” ungkapnya.

Dari 589 calon mahasiswa UBB yang lulus jalur SBMPTN, 392 calon mahasiswa merupakan peserta reguler dan 197 calon mahasiswa merupakan peserta dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K).

Pengumuman hasil SBMPTN sudah dapat diakses pukul 14.00 WIB hari ini Jum’at, 14 Agustus 2020 melalui laman resmi LTMPT: https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau http://ubb.ac.id/2020/08/14/pengumuman-kelulusan-sbmptn-ubb-2020 dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SBMPTN 2020.

“Selamat kepada yang telah diumumkan, dan jangan lupa untuk menindaklanjuti tahapan pemberkasan selanjutnya. Menjadi bagian dari UBB adalah sebuah kesempatan terbaik untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja dan kompetisi global. Selamat bergabung dan semoga berproses dengan baik sebagai mahasiswa UBB,” tutur Ibrahim.

Dari 589 siswa yang dinyatakan yang lolos SBMPTN dan diterima ke UBB dengan rincian disetiap Fakultas dan Prodi yakni; sebanyak 131 siswa yang diterima di Fakultas Teknik (FT), di antaranya 14  diterima di Prodi Teknik Mesin, 32 di Prodi Teknik Elektro, 16 di Prodi Teknik Pertambangan, 36 di Prodi Teknik Sipil, 19 di Prodi Kimia, 9 di Prodi Fisika, dan 19 di Prodi Matematika.

Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi (FPPB) tercatat sebanyak 134 siswa yang diterima, diantaranya 41 diterima di Prodi Agroteknologi, 30 di Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, 24 di Prodi Biologi, 38 di Prodi Agribisnis, 28 di Prodi Akuakultur, dan 14di prodi Ilmu Kelautan.

Selanjutnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) yang dinyatakan lulus sebanyak 91 siswa, diantaranya 28 diterima di Prodi Sosiologi, 28 di Prodi Sastra Inggris, dan 35 orang diterima di  Prodi Ilmu Politik.

Fakultas Ekonomi (FE) dari 129 siswa yang diterima, diantaranya 50 diterima di Prodi Manajemen, 55 di Prodi Akuntansi, dan 20 di Prodi Ekonomi. Sementara di Fakultas Hukum (FH), yang hanya punya satu prodi (Hukum) dinyatakan lulus sebanyak 53 siswa.

Dikesempatan yang sama,  Wakil Rektor I UBB Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., menghimbau kepada siswa yang lulus SBMPTN dan diterima di UBB, untuk mencermati dan melakukan tahap verifikasi pengisian biodata secara online di http://siakad.ubb.ac.id/ubb/pmb.zul atau http://ubb.eakademik.id/ubb/pmb.zul pada tanggal 17 s.d. 23 Agustus2020, dan wajib mengunggah dokumen berikut (dalam bentuk jpg/pdf,ukuran maksimal 500kb) pada batas waktu yang telah ditentukan.

Calon mahasiswa yang telah menyelesaikan verifikasi online wajib mencetak bukti Verifikasionline, dan calon mahasiswa yang tidak menyelesaikan pengisian Biodata dan mengunggah dokumen secara lengkap sampai batas waktu yang ditentukan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UBB.

"Kami himbaukan kepada peserta yang lulus SBMPTN dan diterima di UBB untuk mencermati dan mentaati tahapan-tahapan lain yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN, terutama dengan ketentuan persyaratan melakukan verifikasi dan registrasi data sesuai jadwal yang sudah ditentukan," ujar Nizwan.

Terkait informasi besaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi calon mahasiswa UBB yang telah ditentukan per- semesternya, dapat dilihat pada laman pmb.ubb.ac.id pada tanggal 27 Agustus 2020 mulai pukul 15.00 WIB.

Nizwan menambahkan, untuk tanggal pembayaran UKT melalui Bank yang sudah ditunjuk pihak UBB akan diInformasikan setelah pengumuman hasil verifikasi nanti. Bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan pembayaran pada tanggal yang sudah ditentukan dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UBB, kecuali calon pendaftar KIP-K belum perlu membayar UKT sampai dengan di terbitkannya Surat Keputusan Rektor tentang penetapan KIPK-UBB Tahun 2020.

Lebih lanjut Nizwan juga berpesan kepada siswa yang belum diterima jalur SBMPTN untuk tidak berkecil hati. Menurutnya masih ada 1 (satu) kesempatan lagi untuk bisa kuliah di UBB,  yakni melalui jalur Seleksi Mandiri masuk UBB bersama PTN wilayah barat (SMMPTN-Barat 2020). Info lengkap dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website pmb.ubb.ac.id. (Ags/Humas)


Topik

SBMPTN
. ayar