UKO UBB Gelar Seminar Olahraga Secara Online

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 28 Agustus 2020 23:11 WIB | Diupdate pada 28 Agustus 2020 23:11 WIB


Unit Kegiatan Olahraga Universitas Bangka Belitung (UKO UBB) bekerja sama dengan KONI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan BAPOMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Seminar Olahraga Online  dengan tema “Urgensi Membangun Olahraga di Perguruan Tinggi”, Selasa (25/08/2020).

Pembahasan seminar dan diskusi membahas tentang Arah Pembangunan Olahraga Indonesia dan pentingnya sinergitas semua pihak dalam membangun dan meningkatkan prestasi olahraga yang dimoderatori oleh Aldy Kurniawan (Alumni FH UBB/Co Founder UKO UBB).

Hadir dalam seminar para narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing, antara lain, Dr. Nizwan Zukhri, S.E., M.M., (Wakil Rektor I Bidang Akademik UBB/Ketua BAPOMI Babel), Elfandi, M.A. S.Pd (Ketua Umum KONI Babel), dan Dr. (Cand) Novendra Hidayat, S.IP., M.Si (Dosen Ilmu Politik FISIP UBB/Founder UKO UBB).

Ketua BAPOMI Babel, Nizwan Zukhri mengatakan dalam menentukan arah pembangunan olahraga Indonesia khususnya olahraga di perguruan tinggi diperlukan pembinaan atlet secara terpadu antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, KONI dan induk-induk organisasi olahraga. Selain itu, pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang memadai di perguruan tinggi juga menjadi salah satu faktor penting dalam rangka tercapainya peningkatan prestasi olahraga mahasiswa kedepannya.

Dikesempatan yang sama Ketua Umum KONI Babel, Elfandi mengatakan olahraga pada perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh perspektif pimpinan perguruan tingginya. Apakah olahraga menjadi komponen penting bagi perguruan tinggi bergantung kepada bagaimana perspektif pimpinan perguruan tinggi tersebut.

“Tidak semua perguruan tinggi menyediakan fasilitas olahraga yang baik, tidak semua perguruan tinggi memiliki anggaran pendanaan olahraga yang baik. Namun demikian, ada juga perguruan tinggi yang memiliki fasilitas dan pendanaan olahraga yang baik. Hal ini semua bergantung kepada perspektif pimpinan perguruan tinggi, dan tentunya dibutuhkan kolaborasi bersama perguruan tinggi dalam pengembangan industri dan prestasi olahraga,” terang Elfandi.

Semantara itu, Novendra Hidayat, Dosen Ilmu Politik FISIP UBB yang juga merupakan Founder UKO UBB menjelaskan bahwa perlu adanya sinergitas dan kebersamaan dalam membangun sektor olahraga hingga melahirkan prestasi yang membanggakan bagi bangsa dan negara tercinta.

Dalam hal ini, Pemerintah di segala lini bersama KONI dan stakeholder terkait mau tak mau harus harus bisa mencarikan solusi terhadap segala permasalahan olahraga yang terjadi sembari memghadirkam inovasi dan kreatif baru sehingga pembangunan olahraga terus bertumbuh.

Ketua Umum UKO UBB, Reza Fahlevy menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan materi yang sudah disampaikan narasumber dan partisipasi peserta dalam seminar ini, semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat dan bisa memberikan sumbangsih pemikiran bagi kebaikan serta kemajuan olahraga bagi kampus yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (red.UKO/Humas)


Topik

Mahasiswa
. ayar