Jurusan Kimia FT UBB Gelar Penyuluhan Pupuk Organik Cair di Kelurahan Sri Menanti

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 14 September 2020 13:59 WIB | Diupdate pada 14 September 2020 13:59 WIB


Ketua Jurusan Kimia serahkan bantuan alat dan bahan (bakteri EM4) untuk produksi pupuk organik cair kepada ketua KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat)

MERAWANG, UBB - Jurusan Kimia UBB gelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kelurahan sri Menanti, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka dengan sistem door to door, pada Rabu (9/9/020) .

Kegiatan yang mengangkat tema “Peningkatan Kualitas Pupuk Kompos Berbasis Limbah Rumah Tangga  Menggunakan Stimulator EM4, di apresiasi oleh masyarakat Kelurahan Sri Menanti yang tergabung dalam anggota KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat)

Penyuluhan dan pendampingan dilakukan dengan sistem door to door, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Sebanyak 30 orang masyarakat yang terdiri dari anggota KSM dan masyarakat sekitar disambangi kerumahnya oleh tim pengabdian Jurusan Kimia UBB.

Hendro selaku Ketua KSM menyampaikan terdapat beberapa kendala yang mereka alami selama  pembuatan pupuk kompos diantaranya pupuk yang diolah masih berupa pupuk kompos padat, belum mendapatkan informasi tentang cara pembuatan pupuk organik cair yang berkualitas dan pupuk kompos yang diproduksi saat ini dianggap masih memiliki kualitas yang rendah.

Oleh karenanya, jurusan kimia hadir dengan memberikan penyuluhan, pendampingan serta penyerahan bantuan alat dan bahan kepada ketua kelompok swadaya masyarakat sri menanti jaya tentang pembuatan pupuk organik cair berbasis limbah rumah tangga menggunakan stimulator EM4. 

“Harapan saya dengan adanya bantuan alat dan bahan (stimulator EM4), kelompok swadaya masyarakat sri menanti  jaya  bisa secara mandiri memproduksi pupuk kompos berbasis limbah rumah tangga baik itu berupa pupuk padat maupun pupuk organik cair, tentunya dengan kualitas yang baik dan kemasan yang menarik. Semoga kedepan bisa jadi produk unggulan Sri Menanti,” ujar Verry.

Penggunaan stimulator EM4 dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Stimulator EM4 ini adalah kultur cair mikroorganisme seperti Lactobactilus, Actinomycetes, dan bakteri fotosintetik yang dapat mempercepat pengomposan.

“Terima kasih kepada jurusan Kimia UBB yang telah memberikan bantuan alat dan bahan (bakteri EM4), semoga kedepannya kami bisa produksi POC (Pupuk Organik Cair) dengan kualitas tinggi dan menjadikan pupuk ini sebagai produk unggulan Kelurahan Sri Menanti yang dapat dipasarkan dalam skala yang lebih luas,”  tutup Hendro.


Topik

Fakultas_Teknik_UBB Kimia_UBB
. ayar