Studi Kelayakan Pengembangan Sentra Nelayan Di Sungai Berok Kabupaten Bangka Tengah

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 14 Oktober 2020 13:31 WIB | Diupdate pada 14 Oktober 2020 13:31 WIB


FOTO BERSAMAKurniawan, S.Pi., M.Si. (paling kanan) berfoto bersama dengan Imam Soehadi, S.Pi., M.Si. (Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah), Ir. H. Rusli Khaidir, M.Si. (Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah), Tri Wahyuni (Bappeda Litbang Bangka Tengah), Dr. Fournita Agustina (Ketua LPPM UBB), Dr. Roby Hambali, S.T., M.Sc., dan Revy Safitri, S.T., M.T. (paling kiri).

MERAWANG, UBB - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bangka Belitung jalin kerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah terkait Penyusunan Studi Kelayakan (FS) Pengembangan Sentra Nelayan Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020, bertempat di ruang rapat besar Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Selasa 13 Oktober 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Bappeda Kabupaten Bangka Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Lurah Kelurahan Berok, serta instansi terkait lainnya dan perwakilan kelompok nelayan di Kabupaten Bangka Tengah, serta 30 orang tamu undangan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Imam Soehadi, S.Pi., M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim studi kelayakan pengembangan sentra nelayan di Kabupaten Bangka Tengah, baik dari UBB dan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah.

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya studi kelayakan ini diharapkan menghasilkan kajian yang baik dalam rencana pembangunan sentra nelayan di Sungai Berok, Kabupaten Bangka Tengah.

“Secara historis, kegiatan pembangunan sentra nelayan ini sebenarnya gagasan dari Bupati Bangka Tengah (Almarhum Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M.). Jadi harapannya akan ada keterkaitan dan integrasi beberapa sektor terkait pembangunan Sentra Nelayan di Sungai Berok Kabupaten Bangka Tengah”, ujarnya.

Dikesempatan yang sama  Ketua LPPM UBB Dr. Fournita Agustina, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan serta kepada tim studi kelayakan pengembangan sentra nelayan di Sungai Berok Kabupaten Bangka Tengah.

“Semoga Bapak/ Ibu tamu undangan memberikan masukan agar studi ini bisa dilaksanakan dengan baik ke depannya. Kajian ini diharapkan dapat menjadi sebuah studi yang layak untuk dilanjutkan. Ketika studi ini menghasilkan kelayakan untuk dilanjutkan, maka Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan melanjutkan realisasinya”, sambut Fournita.

Saat sesi presentasi, dalam paparannya, Kurniawan, S.Pi., M.Si., selaku Ketua Tim Studi Kelayakan Pengembangan Sentra Nelayan di Sungai Berok Kabupaten Bangka Tengah menyampaikan bahwa pada kegiatan ini hanya dilaksanakan 2 kali pelaporan, yakni pelaporan pendahuluan dan pelaporan akhir kegiatan.

“Tujuan dari kegiatan ini nantinya akan mengkaji analisis keragaan perikanan tangkap, kualitas perairan, kelayakan teknik, serta kelayakan ekonomi pembangunan sentra nelayan. Studi ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi terhadap pembangunan sentra nelayan di sekitar Sungai Berok Kabupaten Bangka Tengah”, tukasnya.

Lebih lanjut, Hartono selaku Lurah Kelurahan Berok menyampaikan bahwa dengan adanya rencana pembangunan sentra nelayan ini menjadi harapan terutama bagi masyarakat Kelurahan Berok. “Saya harap dengan adanya sentra nelayan di sini, maka akan meningkatkan perekonomian masyarakat”, terangnya.

Kegiatan Agenda Pelaksanaan Kegiatan Laporan Pendahuluan Studi Kelayakan Pengembangan Sentra Nelayan di Sungai Berok Kabupaten Bangka Tengah berjalan lancar dan kondusif sesuai protokol kesehatan. Studi ini merupakan salah satu sinergi LPPM UBB dalam upaya pengabdian kepada masyarakat. (red.LPPM/Humas)


Topik

LPPM
. ayar